4 Manfaat Susu Tinggi Kalsium untuk Anak Usia 4-6 Tahun
- Parenting

4 Manfaat Susu Tinggi Kalsium untuk Anak Usia 4-6 Tahun

Kalsium pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak sangatlah besar perannya dalam menjaga kesehatan metabolisme dan tulang. Oleh karena itu, si kecil sebaiknya diberikan susu tinggi kalsium untuk anak agar tumbuh kembangnya tidak terhambat.

Umumnya mendengar susu tinggi kalsium selalu dikaitkan dengan tinggi badan, tapi ternyata banyak sekali manfaat dari kalsium tersebut untuk si kecil. Berikut beberapa manfaat susu anak berkalsium tinggi untuk pertumbuhannya:

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Kalsium yang terkandung dalam susu mampu bekerja untuk mengaktifkan enzim-enzim penting yang berfungsi menghasilkan energi dan menjaga kekebalan tubuh. Jika sistem imun tubuh pada si kecil berfungsi dengan baik, maka anakpun tidak akan mudah sakit.

Dengan meningkatnya sistem imun, tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit. Namun saat anak kekurangan kalsium, anak akan terlihat lesu, sering berkeringat, susah tidur, sering kram otot, hingga sering mengalami nyeri perut.

  1. Memadatkan dan Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu yang berkalsium tinggi akan membantu pertumbuhan tulang serta gigi. Tulang yang berfungsi untuk menyangga tubuh juga akan berpengaruh pada berat badan hingga tinggi badan.

Bahkan menurut Healthy Kids Association menyebutkan bahwa tulang adalah “Bank Kalsium”. Jadi saat tubuh tidak memiliki cadangan atau asupan kalsium tambahan, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk kemudian disalurkan ke seluruh tubuh.

Sedangkan tubuh sendiir membutuhkan banyak kalsium untuk sistem metabolisme, kecerdasan otak, dan fungsi lainnya.

  1. Mencerdaskan Otak

Manfaat susu tinggi kalsium untuk anak yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kinerja otak. Pada masa “Golden Age” otak anak sangat mudah menangkap sesuatu di sekitarnya.

Jadi dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, perkembangan otot tubuh dan sistem saraf. Kontraksi antar otot akan mengirim sinyal menuju sistem saraf di otak. Dengan sistem saraf pada otak yang sehat, anak akan mudah menyerap informasi dan daya ingatnya meningkat.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Proses pembekuan darah ternyata dipengaruhi oleh kalsium juga lho. Kalsium memang berperan penting dalam perkembangan otot, termasuk fungsi otot pada jantung. Dengan lancarnya sistem peredaran darah ke jantung, maka kesehatan jantungpun ikut terjaga.

Jadi kalsium berperan dalam mencegah jantung mengalami masalah-masalah kesehatan sejak dini.

  1. Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan

Nah, yang paling terkenal dari fungsi kalsium adalah untuk pertumbuhan tulang agar lebih tinggi. Selain  karena faktor gentik, tinggi badan ank juga bisa dipengaruhi oleh susu yang mengandung kalsium tinggi serta olahraga.

Jangan lupa untuk selalu mencukupi waktu istirahat anak dan kebutuhan nutrisi dari sumber kalsium lain dari makanan.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak, susu tinggi kalsium untuk anak sangat baik dalam menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan kalsium harian. Sebelum memberikan pada si kecil, tetap pastikan susu yang dipilih harus sesuai usia anak agar susu berfungsi secara optimal.