5 Bahan Alami yang Bisa Mengecilkan Pori-Pori Wajah
- Kesehatan

5 Bahan Alami yang Bisa Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Tampilan pori-pori wajah yang terlihat besar seringkali membuat kita jadi tidak percaya diri. Pemakaian make up juga jadi tidak terlihat sempurna jika ukuran pori-pori wajah cukup besar. Salah satu cara mengecilkan pori pori wajah yang efektif dan aman adalah dengan mengaplikasikan bahan-bahan natural. Lalu bahan natural apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk memperkecil pori-pori wajah?

Bahan Alami Pengecil Pori-Pori

Pada dasarnya memang ada banyak sekali pilihan jenis bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Beberapa di antaranya memiliki khasiat untuk memperkecil ukuran pori-pori. Berikut ini adalah 5 pilihan bahan alami yang sangat direkomendasikan untuk memperkecil pori-pori wajah Anda:

1.                 Putih Telur

Pertama ada putih telur yang memang sudah sering digunakan sebagai bahan masker alami oleh sebagian besar orang. Putih telur ini berkhasiat membuat kulit jadi lebih kencang dan ukuran pori-pori jadi lebih kecil. Bahan ini juga sangat efektif membantu menurunkan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Anda bisa memakai masker putih telur ini secara rutin demi hasil yang optimal.

2.                 Madu

Bahan yang satu ini juga begitu familiar di kalangan beauty enthusiast karena sering digunakan sebagai bahan masker alami. Madu memang punya kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kulit. Madu juga diketahui efektif mencerahkan kulit serta bisa memperkecil tampilan pori-pori wajah. Caranya mudah, cukup dengan memakai madu sebagai masker selama 10 menit kemudian bilas bersih.

3.                 Rendaman Air Beras

Siapa sangka air beras juga dapat membantu proses pengecilan pori-pori? Anda bisa mencoba merendam beras lalu ambil sisa endapannya. Gunakan sisa endapan tersebut sebagai masker, diamkan selama 15 menit di wajah, lalu bilas sampai bersih. Jika dipakai secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu maka tampilan pori-pori wajah bisa mengecil dan tampak lebih halus.

4.                 Minyak Zaitun

Cara mengecilkan pori pori wajah secara alami berikutnya yakni dengan memanfaatkan minyak zaitun. Bahan alami satu ini juga sangat populer akan manfaatnya terhadap kesehatan kulit. Zaitun memiliki kandungan polifenol yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada kulit. Pemakaian minyak zaitun bisa membantu mencegah tanda penuaan dini sekaligus memperkecil ukuran pori-pori.

5.                 Jeruk Nipis

Bahan alami berikutnya yang juga efektif untuk memperkecil ukuran pori-pori adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C juga antioksidan yang membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati. Nantinya sel-sel kulit mati yan menyumbat pori-pori bisa terangkat dan pori-pori wajah pun akan terlihat jauh lebih halus.

Itulah tadi 5 jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pilihan cara mengecilkan pori pori wajah. Tentunya Anda harus memilih jenis bahan sesuai dengan tipe kulit Anda agar manfaat yang diterima bisa lebih optimal. Dapatkan lebih banyak lagi tips bermanfaat mengenai kulit wajah dari artikel fashion beauty di website Orami!