5 Manfaat Penggunaan Cairan Antiseptik
- Lifestyle

5 Manfaat Penggunaan Cairan Antiseptik

Semakin lama, kualitas udara dan tingkat kebersihan lingkungan mengalami penurunan. Hal ini memicu meningkatnya risiko gangguan kesehatan, khususnya bagi mereka yang rentan dan memiliki daya tahan tubuh rendah. Penggunaan cairan antiseptik Dettol bisa membantu membersihkan tubuh, serta perlengkapan bayi sehari-hari bisa jadi salah satu langkah efektif untuk cegah dampak negatif dari kondisi tersebut.

Cairan Antiseptik Jaga Kebersihan Sehari-Hari

Banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan produk satu ini. Apalagi untuk bayi dan anak-anak yang tergolong rentan terhadap gangguan kesehatan. Beberapa manfaat dari cairan antiseptik di antaranya:

1.     Bersihkan Berbagai Permukaan Benda

Membersihkan benda-benda di sekitar bisa pakai air dan sabun. Tetapi kegiatan tersebut tidak secara totalitas membersihkan bagian-bagiannya dari kuman dan bakteri. Bukan hanya dari kotoran atau debu yang menempel, Anda juga harus membersihkan dengan memastikan kuman dan bakteri tidak lagi menempel.

Maka Anda membutuhkan antiseptik yang berfungsi membunuh kuman dan bakteri secara lebih mudah. Permukaan benda yang tampak bersih, atau tampak tidak ada kotoran yang menempel tetap bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

2.     Campuran Antiseptik pada Pembersih Lantai

Sama seperti permukaan benda, permukaan lantai yang menjadi alas atau dasar bagi Anda beraktivitas juga jadi salah satu bagian yang harus diperhatikan. Selain rutin membersihkannya dengan cairan pembersih lantai, Anda juga bisa memberi antiseptik untuk membuat lantai semakin bersih.

Lantai yang kita injak menjadi wadah bagi kuman dan bakteri untuk berkembang. Meski terlihat bersih-bersih saja, lantai tetap menjadi sarang berkembangnya kuman dan bakteri. Untuk itu cairan pembersih saja tidak cukup, Dettol akan membantu membersihkan lantai dengan lebih maksimal.

3.     Cairan Tambahan untuk Rendam Pakaian dan Masker

Pakaian yang kita gunakan sehari-hari, baik untuk aktivitas di luar rumah, maupun aktivitas di dalam rumah, tetap menjadi tempat menempelnya kotoran, kuman, juga bakteri. Mencuci dengan deterjen memang sudah jadi cara paling mendasar untuk membuatnya kembali bersih.

Namun Anda bisa juga andalkan antiseptik sebagai bahan tambahan pada proses pencucian dengan menjadikannya bahan campuran dalam rendaman. Penggunaan antiseptik untuk cucian pakaian ini juga sangat disarankan pada pakaian bayi dan anak, serta masker yang kini jadi perlengkapan wajib saat beraktivitas di luar rumah.

4.     Bersihkan Mainan Anak

Mainan anak-anak yang termasuk pada perlengkapan bayi hampir setiap hari mereka mainkan pun jadi area bagi kuman dan bakteri untuk bersarang. Belum lagi bila mainan tersebut dimainkan lebih dari satu anak, seperti bermain bersama.

Kotoran pun akan menempel di bagian-bagian pada mainan tanpa kita sadari. Dari satu tangan, ke tangan lain. Lalu mainan juga sering ditaruh di atas lantai tanpa perhatikan kebersihan lantai tersebut.

5.     Desinfektan Ruangan

Manfaat lainnya dalam penggunaan cairan antiseptik adalah sebagai cairan desinfektan pada ruangan. Anda bisa memasukan cairan dettol pada air bersih yang selanjutnya disemprotkan pada ruangan.

Kini juga terdapat produk desinfektan dari Dettol yang lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya. Membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana.