Tips Memilih Masker Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda
- Lifestyle

5 Tips Memilih Masker Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

Masker wajah, terutama masker wajah alami, merupakan rutinitas perawatan kulit yang tidak dapat ditinggalkan. Apabila aktivitas Anda tinggi dan sering terkena polusi, udara kotor, serta debu, maka masker wajah merupakan perawatan wajib.

Masker dapat membersihkan kulit wajah Anda serta menenangkan kulit wajah yang banyak terbebani oleh make up. Anda dapat menggunakan masker wajah sambil bersantai atau saat beristirahat sehingga manfaat masker akan terasa.

Memilih Masker Sesuai Jenis Kulit

Sama dengan perawatan kulit wajah yang lain, lebih baik Anda menggunakan masker sesuai dengan jenis kulit. Sebab, ada beberapa masker yang memang tidak disarankan untuk jenis kulit tertentu karena dapat memicu iritasi.

Berikut adalah tips memilih masker berdasarkan jenis kulit:

  • Masker untuk Kulit Sensitif

Dalam memilih masker untuk kulit yang sensitif, Anda sebaiknya harus berhati-hati dan selektif. Kulit sensitif rentan terhadap bahan-bahan yang keras atau tekstur masker yang kasar. Oleh karena itu, pilihlah masker wajah alami untuk kulit sensitif Anda agar tetap sehat.

Kulit wajah yang sensitif dapat mudah gatal dan memerah. Masker yang tepat untuk kulit ini adalah masker yang dapat meredakan merah dan menenangkan kulit. Dengan demikian, Anda akan mendapat hasil yang maksimal.

  • Masker untuk Kulit Kering

Beberapa masker dapat menyebabkan kulit kering, sehingga masker-masker ini tentu tidak cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Untuk kondisi kulit ini, pilihlah masker dengan kandungan utama minyak seperti minyak, hydrogel, atau krim. Agar kulit tidak kering setelah penggunaan masker, gunakan masker sesuai petunjuk penggunaan.

  • Masker untuk Kulit Berminyak

Minyak wajah yang berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam dan juga membuat debu atau kotoran mudah menempel. Untuk memilih masker yang tepat untuk kulit wajah ini, Anda dapat menggunakan masker wajah yang berbahan bentonite, yang merupakan bahan clay dan dapat menyerap minyak.

Anda juga dapat menggunakan peel off mask untuk mengangkat sebum yang menyumbat pori-pori. Gunakan masker ini secara rutin sehingga minyak di wajah Anda dapat terkendali.

  • Masker untuk Kulit Normal

Kulit wajah yang normal mudah menggunakan masker jenis apapun. Namun, sebisa mungkin pilihlah masker dengan bahan alami agar kulit wajah Anda sehat. Anda dapat memilih masker wajah sesuai dengan kandungannya mulai dari peel off mask hingga sheet mask.

Berikut beberapa produk rekomendasi dari kiehls :

Ginger Leaf & Hibiscus Firming Overnight Face Mask

Ginger Leaf & Hibiscus Firming Overnight Face Mask

Ultra Facial Overnight Hydrating Mask

Ultra Facial Overnight Hydrating Mask

Meski demikian, tetap perhatikan petunjuk penggunaan agar Anda dapat merasakan hasil yang maksimal.

  • Masker untuk Kulit Kombinasi

Kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara wajah berminyak dan kering. Biasanya, minyak pada kulit akan berada di daerah T yaitu daerah antara dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan bagian kering berada di sekitar pipi atau bibir.

Anda dapat menggunakan dua masker sekaligus pada kulit kombinasi. Gunakan masker untuk kulit berminyak pada daerah yang berminyak dan gunakan masker untuk kulit kering pada bagian yang kering. Anda juga dapat menggunakan masker untuk semua jenis kulit.

Masker wajah alami lebih baik untuk perawatan rutin Anda karena bahan-bahan alami lebih aman untuk kulit. Sebaiknya, jangan lupakan menggunakan masker minimal sekali dalam sepekan.