Hal yang Perlu Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Pengiriman Barang
- Lifestyle

6 Hal yang Perlu Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Pengiriman Barang

Seiring meningkatnya kegiatan jual beli secara online, meningkat pula kegiatan pengiriman barang dari berbagai kota di Indonesia. Pengiriman barang ini tidak hanya lintas kota lintas provinsi, namun juga lintas pulau. Jarak yang ditempuh bisa sangat panjang. Karena alasan ini pula, Anda para pelaku usaha perlu memperhatikan product delivery atau kegiatan pengiriman barang dengan baik.

Barang yang dipesan oleh konsumen secara online harus dikirimkan agar barang tersebut sampai ke tangan mereka. Barang yang dikirim harus sampai ke tangan konsumen dalam keadaan aman dan utuh. Jangan sampai barang sampai ke tangan konsumen dalam kondisi rusak atau cacat karena kesalahan selama proses pengiriman.

Yang Perlu Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Pengiriman Barang

Untuk itu, Anda sebagai pelaku usaha perlu mempersiapkan dan memperhatikan proses pengiriman barang ini dengan seksama. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ulasannya.

1.     Pastikan barang yang dikirim sudah benar

Yang pertama, pastikan dulu bahwa barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan pesanan konsumen. Tidak sedikit kasus pengiriman salah barang karena Anda kurang teliti. Kalau begini, konsumen pasti kecewa karena mereka sudah menghabiskan waktu untuk menunggu. Jadi, cek kembali pesanan konsumen Anda. Pastikan barang yang akan dikirim sudah sesuai.

2.     Pengemasan harus aman

Yang kedua, product delivery berkaitan erat dengan pengemasan yang aman dan baik. Untuk memastikan barang sampai ke tangan konsumen dalam kondisi utuh dan aman, pengemasan harus aman. Anda perlu menyesuaikan jenis barang yang dikirim dengan cara pengemasan.

Misalnya, barang yang mudah rusak bisa dikemas dengan tambahan bubble wrap sedangkan barang yang tidak mudah rusak bisa dikemas dengan kardus atau plastik saja.

Jadi, treatment setiap barang harus dibedakan. Jangan disamaratakan agar barang tetap aman sampai ke tangan konsumen.

3.     Alamat tujuan jelas

Yang ketiga, alamat tujuan harus jelas. Pastikan konsumen memberikan alamat yang jelas, mulai dari nama jalan, nomor rumah, RT, RW, kode pos, hingga nomor telepon yang mudah dihubungi. Kenapa? ini akan memudahkan kurir dalam mencari alamat sehingga barang tidak diantar ke alamat yang salah.

4.     Berikan catatan untuk jenis barang tertentu

Yang keempat, Anda bisa memberikan catatan untuk jenis barang tertentu yang membutuhkan treatment khusus. Misalnya, Anda memberikan catatan fragile untuk barang yang mudah pecah dan rusak. Hal ini penting agar kurir tahu dan memberikan treatment khusus pada barang tersebut.

5.     Periksa nomor resi

Yang kelima, periksa nomor resi. Dalam product delivery, nomor resi ini untuk memudahkan Anda dalam melakukan tracking barang. Anda juga bisa memberikan nomor resi ini kepada konsumen agar mereka bisa melakukan tracking secara mandiri.

6.     Pilih jasa logistik yang terpercaya

Yang terakhir dan tidak boleh terlupakan, pilihlah jasa logistik yang terpercaya, kredibel, mampu mengelola barang dengan aman, tepat waktu, layanan memuaskan, dan tarif yang terjangkau.

Nah, itulah 6 hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan sebelum kegiatan product delivery. Agar barang yang dikirim tetap utuh sampai ke tangan pembeli, Anda perlu memastikan bahwa pengemasan barang sudah aman dan jasa logistik yang Anda pilih bisa memperlakukan barang dengan baik dan aman.