8 Makanan Pemicu Kolesterol yang Konsumsinya Harus Dibatasi
- Kesehatan

8 Makanan Pemicu Kolesterol yang Konsumsinya Harus Dibatasi

Pola makan sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih jenis makanan untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan perlu dibatasi karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah 8 makanan pemicu kolesterol yang sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari.

  1. Telur

Konsumsi telur memang bagi bagi tubuh karena bahan makanan ini mengandung protein yang Anda butuhkan. Namun, konsumsi telur harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan. Konsumsi telur yang berlebihan bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Sebaiknya konsumsi telur tidak lebih dari 6 kali dalam satu minggu.

  1. Lobster

Penggemar lobster sebaiknya berhati-hati dan membatasi konsumsi makanan yang satu ini. Setiap 100 gram lobster mengandung 70 mg kolesterol. Jika memang ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya pilih ikan dan diolah dengan cara dikukus daripada digoreng.

  1. Daging Bebek

Meskipun rasanya enak, namun daging bebek memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Dibandingkan daging ayam, kandungan kolesterol pada daging bebek lebih tinggi. Tidak masalah sesekali mengonsumsi daging bebek. Hanya saja akan jauh lebih baik jika bagian kulit dibuang terlebih dahulu.

  1. Keju dan Susu

Konsumsi susu dan produk olahan susu seperti keju juga harus dibatasi untuk mencegah kadar kolesterol meningkat. Jika memang ingin mengonsumsi keju dan susu maka bisa dipilih jenis yang kandungan lemaknya rendah. Ada beberapa pilihan produk keju dan susu rendah lemak yang bisa dijadikan alternatif.

  1. Jeroan

Hindari aneka jenis jeroan jika Anda ingin mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Otak, usus, babat, hati, maupun aneka jenis jeroan lainnya tidak baik bagi tubuh karena kadar kolesterolnya sangat tinggi. Jeroan juga diketahui mengandung asam urat yang tinggi sehingga dipastikan tidak baik untuk dikonsumsi berlebihan.

  1. Kulit Ayam

Makanan yang satu ini mungkin akan sulit untuk dihindari. Kulit ayam memang menjadi bagian yang paling lezat. Hanya saja kandungan lemak pada kulit ayam sangat tinggi. Jika Anda ingin mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya batasi konsumsi kulit ayam.

  1. Junk Food

Aneka jenis junk food juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Junk food memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Kadar kolesterol dalam tubuh bisa meningkat drastis jika Anda terus-menerus mengonsumsi junk food. Lebih baik konsumsi sayur dan buah serta makanan olahan rumah daripada junk food.

  1. Makanan Manis

Bukan hanya makanan berlemak yang bisa memicu kolesterol tinggi, tapi makanan manis juga. Sebaiknya batasi konsumsi kue, es krim, maupun makanan manis lainnya untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Itulah tadi 8 jenis makanan pemicu kolesterol yang sebaiknya Anda batasi atau bahkan dihindari sama sekali. Ganti makanan Anda dengan jenis makanan yang lebih sehat seperti sayur, buah, dan ikan. Imbangi makanan sehat Anda dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari.