Google Play Gift Card
- Others

Apa itu Google Play Gift Card dan Persyaratan yang Diterapkan

Bagi pengguna ponsel Android, tentunya sudah tidak asing dengan pengunduhan atau pembelian aplikasi di Play Store. Untuk dapat mengunjungi Play Store, tentu kamu harus memiliki akun Google Play. Kemudian, untuk mengisi akun Google Play supaya dapat digunakan membeli berbagai macam penawaran, salah satu caranya adalah dengan Google Play Gift Card. Kartu satu ini biasanya dapat digunakan sesuai dengan regional negara tertentu, dan Indonesia sudah termasuk negara yang resmi mengeluarkan Google Play Gift Card dengan mata uang Rupiah.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Google Play Gift Card

Seperti yang diuraikan sebelumnya bahwa Google Play Gift Card ini dapat digunakan untuk mengisi saldo Google Play. Namun, sebelum top up, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini supaya tidak ada keluhan nantinya.

Pertama, kamu perlu tahu jika Google Play Gift Card yang digunakan pada satu negara tidak bisa digunakan di negara lain. Sebab, tiap negara memiliki IP address berbeda dan nilai mata uangnya pun berbeda. Misalnya, kamu membeli kartu dengan regional US, lalu kamu gunakan di Indonesia. Jelas kamu tidak akan bisa memasukkan kode kartu ke Google Play.

Apabila kamu berusaha menggunakan cara-cara yang curang sehingga dianggap mencurigakan oleh Google, maka kode kartu yang kamu beli akan dikunci dan tidak dapat digunakan sama sekali. Sayang sekali, bukan? Apalagi harga Google Play Gift Card ini juga bukan hanya 1-2 ribuan, tapi bisa puluhan sampai ratusan ribu, tergantung nominal yang ingin dibeli

Untuk mengetahui pengaturan negara pada akun Google, kamu bisa masuk ke bagian payment.google.com dan lihat menu setting. Cari di kolom country, di sana kamu bisa melihat negara yang digunakan akunmu.

Melakukan Reedem Google Play Gift Card

Sebelum melakukan reedem, tentunya kamu harus membeli terlebih dulu Google Play Gift Card. Kamu dapat membelinya di gerai-gerai penjual pernak-pernik gim atau di mini market tertentu. Biasanya, kartu ini memiliki nominal yang sudah ditentukan sehingga kamu tidak bisa membeli dengan nominal berapa pun. Beberapa nominal yang umum dijual, yaitu 20 ribuan, 50 ribuan, 100 ribuan, 150 ribuan, 300 ribuan, hingga 500 ribuan. Namun, nominal tersebut biasanya belum termasuk pajak, sehingga jika kamu membeli kartu berisi 150 ribu, biasanya kamu harus membayar senilai lebih dari 150, seperti 152 ribu atau 155 ribu, tergantung di mana kamu membeli.

Setelah itu, lakukan redeem dengan mengunjungi Google Play Store. Jika menggunakan ponsel, silakan klik tiga garis di bagian pojok kiri layar, gulir ke bawah hingga menemukan menu redeem atau tukarkan. Klik bagian tersebut lalu akan muncul kotak input, isilah kotak tersebut dengan nomor id dari kartu yang sudah kamu beli. Jika selesai dan berhasil, saldo Google Play kamu akan bertambah.

Apabila ingin mengecek saldo Google Play yang sudah ditambahkan atau ditop-up, kamu bisa membuka akun Google Play melalui smartphone maupun PC. Jika dibuka melalui ponsel, lihat bagian tiga garis di ujung kiri atas, klik itu, ‘payment method’ atau ‘metode pembayaran’, di sana kamu akan melihat berapa saldo yang masih kamu miliki.

Setelah saldomu terisi penuh, kamu dapat menggunakan saldo tersebut untuk berbagai macam penawaran dari Google Play. Seperti membeli aplikasi, membeli item dalam sebuah gim, membeli buku yang dijual secara digital, dan masih banyak lagi. Bahkan pembelian Google Play Gift Card dengan nominal tertentu biasanya juga kerap memberikan bonus dan diskon menarik.