Begini Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Pola Tidur Anda
- Kesehatan

Begini Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Pola Tidur Anda

Masalah insomnia ini biasanya terjadi pada kaum pemuda maupun kaum dewasa. Menurut hasil penelitian dari lembaga Nasional Sleep Foundation, dilaporkan bahwa sebanyak 68% penduduk berusia 18-29 tahun dan 59% penduduk berusia 30-64 tahun mengalami insomnia yang mengganggu pola tidurnya.

Apabila hal ini berlanjut, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebelumnya, sudahkah Anda mengetahui apakah makna dari insomnia? Sebelum mengulas cara mengatasi insomnia, mari simak pengertian insomia dan klasifikasinya berikut ini.

Pengertian Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur berupa kesulitan untuk terlelap meskipun sudah memiliki kesempatan untuk tidur. Pada umumnya, seseorang yang mengalami insomnia memiliki masalah terhadap kualitas tidurnya. Sehingga, ketika pagi hari masih mengeluhkan rasa pegal dan kurang tidur. Kondisi ini dipengaruhi oleh seringnya terbangung di tengah hari dan sulit untuk terlelap kembali. Menurut penyebabnya, ada dua jenis insomnia yaitu primer dan sekunder. Insomnia primer ketika disebabkan selain gangguan kesehatan sedangkan insomnia sekunder ketika disebabkan oleh gangguan kesehatan.

Lebih lanjut lagi, dilihat dari lama waktu terjadinya, insomnia dibedakan menjadi insomnia akut dan kronis. Insomnia akut terjadi dalam waktu yang relatif pendek disebabkan oleh rasa gugup ketika hendak menghadapi ujian atau wawancara. Biasanya, insomnia akut hanya terjadi selma satu malam sampai beberapa minggu saja. Berbeda dengan insomnia kronis yang terjadi dalam waktu yang relatif lama. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh kondisi psikologi yang tidabaik dan bisa bertaha selama tiga malam sampai beberapa bulan.

Insomnia berarti penderita mengalami waktu yang kurang untuk tidur. Akibatnya, berpengaruh pada produktivitas kerja, kemampuan mengingat, berpeluang berat badan naik, dan berisiko kecelakan kerja. Nah, untuk itu, penting bagi Anda untuk menerapkan cara mengatasi insomnia berikut ini.

Mengubah Gaya Hidup

Apabila Anda mengalami insomnia, bisa jadi disebabkan oleh kesalahan gaya hidup berupa sering merokok. Jika Anda ingin sembuh dari insomnia, berusahalah untuk berhenti merokok. Ketahuilah, kandungan nikotin dalam rokok inilah yang memicu kesulitan untuk tidur. Selain itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh pengaturan paparan cahaya lampu yang salah. Usahakan untuk mematikan lampu sebelum tidur supaya otak dapat beristirahat dengan maksimal. Tak hanya itu, gaya hidup seperti tidur siang terlalu lama juga mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Selektif terhadap Makanan Saat Memasuki Waktu Tidur

Jika Anda ingin kualitas tidur yang baik, jangan biasakan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk terlelap. Terlalu banyak kafein juga menyebabkan Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Tak hanya kafein, alkohol juga berakibat buruk pada masalah tidur Anda. Memang alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, tetapi Anda akan terbangun dan kesulitan tertidur kembali.

Tingkatkan Kuantitias Aktivtias Fisik

Insomnia berarti Anda memiliki masalah terhadap kondisi kesehatan fisik. Menurut hasil dari penelitian, berolahraga selama 30 menit tiap hari selama empat bulan berhasil meningkatkan kualitas tidur para penderita insomnia. Nah, apabila Anda ingin mencobanya, silakan atur jadwal yang tepat untuk berolahraga setiap hari.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki waktu tidur dan produktivitas. Beberapa teknik yang dapat Anda coba yaitu mengikuti program relaksasi atau konseling untuk menghilangkan pikiran atau tekanan yang akhir-akhir ini mengganggu. Ingat, penggunaan pil tidur baru disarankan apabila telah disetujui oleh dokter ya!