Berbahaya! 5 Makanan yang Tidak Boleh Dicampur Dengan Susu
- Kesehatan

Berbahaya! 5 Makanan yang Tidak Boleh Dicampur Dengan Susu

Meski susu memiliki banyak manfaat di dalamnya, namun terkadang akan timbul rasa bosan jika mengonsumsi susu setiap harinya. Sehingga tidak sedikit yang mencoba untuk mengkombinasikan dengan makanan lain agar rasa susu tersebut lebih bervariasi. Misal susu bubuk dengan pisang, Milo kotak kecil dengan makanan lain, atau campuran lainnya.

Namun perlu diketahui, meskipun makanan yang dicampur dengan susu sama sehatnya, ternyata tidak semua makanan, buah dan sayur bisa dicampur dengan susu lho. Sembarangan dalam mencampur susu bisa menyebabkan efek tidak baik, bahkan kandungan sehat dalam susu bisa berubah membahayakan tubuh.

Makanan yang Tidak Boleh Dicampur Dengan Susu

Lalu apa saja makanan yang tidak boleh dicampur dengan susu? Berikut beberapa makanan atau buah yang tidak boleh sembarang dicampur:

1.     Susu dengan Pisang

Buah pisang selain mudah didapat dan harganya terjangkau, juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Akan tetapi beberapa ahli gizi kurang menyarankan susu yang dicampur dengan pisang. Institut Ayurvedic menyebutkan bahwa susu dan pisang merupakan salah satu kombinasi makanan yang tidak baik.

Hal tersebut karena keduanya memiliki pola pendinginan dan pemanasan yang berlawanan. Perpaduan pisang dan susu ini juga bisa mengganggu flora pada usus, memicu alergi, serta menghalangi saluran tubuh.

2.     Susu atau sereal dengan Jus Jeruk

Bagi yang suka membuat jus jeruk dengan susu sebagai tambahan rasa manis sebaiknya dihindari meskipun terasa menyegarkan. Atau bagi yang suka mengonsumsi sereal dicampur dengan susu lalu menjadikan jus jeruk sebagai minuman pendampingnya sebaiknya segera kurangi atau hindari.

Kandungan kafein pada susu dan kandungan asam pada jus jeruk akan merubah enzim menjadi tidak sehat. Sebaiknya Anda mengonsumsi sereal yang dicampur dengan Milo kotak kecil atau susu lainnya diberi jeda 1 jam jika akan mengonsumsi jus jeruk.

3.     Susu dengan Teh

Meski campuran teh dengan susu ini terdengar lazim dan banyak yang menyukai, namun teh yang baik untuk kardiovaskular justru akan diblokir oleh protein dalam susu. Sehingga akan sulit dicerna jika keduanya dikonsumsi bersama.

4.     Susu Dengan Daging

Memasak dengan mencampurkan susu memang dipercaya akan membuat daging lebih empuk. Kendati demikian, sebaiknya hal tersebut dihindari karena perpaduan protein dari susu dan daging justru dapat menghambat sistem pencernaan dan mengganggu kesehatan tubuh.

5.     Susu dengan Ikan

Bagi yang suka sarapan dengan susu dan ikan sebagai menu utamanya, sebaiknya susu tersebut diminum 1 jam sebelum atau sesudah sarapan. Hal tersebut karena susu memiliki efek pendinginan, sedangkan ikan memiliki efek pemanasan bagi tubuh.

Makanan lain yang tidak boleh dicampur dengan susu Milo kotak kecil atau susu jenis apapun antara lain susu dengan nangka, susu dengan alpukat, susu dengan obat, susu dengan nanas, dan makanan lain yang kandungan nutrisinya berlawanan dengan susu.