Bermacam Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan
- Kesehatan

Bermacam Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan

Aloe vera, atau lidah buaya memang akhir-akhir ini lebih dikenal sebagai bahan dasar produk kecantikan. Namun, sebenarnya tanaman ini pun memiliki khasiat yang lebih dari sekadar mengatasi masalah kulit. Kandungan nutrisi dalam aloe vera yang beragam, membuat bahan ini pun dapat digunakan sebagai alternatif kesehatan yang dapat mengatasi berbagai masalah kondisi tubuh. Beberapa manfaat aloe vera gel yang terbukti baik untuk kesehatanmu adalah sebagai berikut.

Khasiat Aloe Vera Gel bagi Kesehatan Tubuh

  1. Aloe vera untuk mengatasi masalah pencernaan

Apabila kamu memiliki masalah lambung yang beragam, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi aloe vera setiap hari. Pasalnya kandungan enzim di dalamnya sangat cocok untuk mendukung fungsi organ-organ pencernaan seperti usus maupun lambung. Aloe vera juga mengandung bakteri baik, yang akan membantu pencernaanmu.

Beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi aloe vera antara lain seperti sembelit, perut mulas-mulas, penyakit asam lambung, hingga irritable bowel sydrome atau IBS. Namun, kamu harus mengolah dan membersihkan aloe vera dengan baik supaya layak dikonsumsi.

  1. Menghindarkan dari dehidrasi

Seperti yang kita tahu, lidah buaya merupakan tanaman yang banyak menyimpan cadangan air di dalam daunnya. Bahkan ketika diolah pun, kandungan air pada daging daunnya masih melimpah. Hal inilah mengapa ketika dikonsumsi akan memberikan rasa segar pada tubuh dan mencegah tubuh terkena dehidrasi. Aloe vera juga cocok dikonsumsi usai melakukan aktivitas fisik yang intens. Namun, selain mengonsumsi aloe vera kamu juga tetap harus mengonsumsi air putih secara teratur supaya seimbang.

  1. Aloe vera untuk menurunkan kadar gula darah

Bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi, ternyata mengonsumsi aloe vera sangat membantu mengatasi masalah tersebut. Menurut sejumlah study dan percobaan, ternyata daging aloe vera dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Kamu dapat mengonsumsi dua sendok daging aloe vera setiap hari untuk membantu mengatasi tingkat gula darah dalam tubuh.

  1. Aloe vera untuk mengatasi luka bakar

Sejak lama aloe vera gel memang sudah dikenal sebagai gel yang menyejukkan sekaligus mereparasi kulit yang meradang. Inilah mengapa, ketika terdapat luka bakar di area kulit tubuh, sangat direkomendasikan untuk mengoleskan aloe vera gel. Getah maupun gel pada aloe vera dapat meningkatkan penyembuhan jaringan kulit lebih cepat. Bahkan jika diterapkan secara teratur, bekas luka pun bisa memudar secara perlahan.

  1. Ampuh mencegah peradangan pada kulit

Kulit yang meradang seperti timbul jerawat, ruam, atau iritasi dapat diatasi dengan cepat oleh penggunaan aloe vera. Tidak heran jika aloe vera gel bukan hanya cocok sebagai produk kecantikan tapi juga perawatan harian. Selain mengatasi peradangan, aloe vera juga memberi sensasi sejuk dan lembap sehingga kulitmu akan tetap kenyal dan terjaga kelembapannya.