Cara Melatih Anak Agar Memiliki Mental Tangguh
- Parenting

Cara Melatih Anak Agar Memiliki Mental Tangguh

Menjadi orang tua memang merupakan suatu kebahagiaan apalagi saat si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Orang tua harus memperhatikan kesehatan dan kecerdasan si kecil terutama pada saat masa-masa pertumbuhannya. Bukan hanya itu saja, seorang anak juga harus memiliki mental tangguh sebagai bekal bagi anak sebelum mulai mengeksplorasi dunia luar tanpa bantuan orang tua.

Cara Melatih Mental Anak

Orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi si kecil untuk meningkatkan imunitasnya, mengajarkan kesabaran, serta membantu meningkatkan ketangguhan mentalnya. Beberapa cara untuk melatih mental anak agar tangguh dan menjadi pribadi yang mandiri dan berani yaitu :

  1. Biarkan anak membuat pilihannya sendiri

Cara pertama dalam melatih mental anak yaitu dengan membiarkannya membuat pilihan sendiri. Dengan ini anak dapat melakukan pertimbangan sebelum memilih dan juga bisa bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Anak juga akan lebih berani dan mandiri. Ibu bisa membiarkan anak memilih makanannya atau apa yang ingin dia lakukan saat bermain.

  1. Ajarkan kemampuan sosial

Biasanya anak akan takut berinteraksi dengan orang lain karena sejak kecil tidak diajarkan kemampuan sosial yang baik dan lebih senang menyendiri. Tidak ada salahnya jika anak ingin menyendiri sebagai caranya untuk beristirahat, namun anda tetap bisa mengajarkan kemampuan sosial kepada si kecil agar lebih berani contohnya seperti membiarkan anak membayar snack atau mainan yang diinginkannya ke kasir.

  1. Memberikan contoh yang baik

Anak seringkali mencontoh apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang tuanya. Maka dari itu apabila ingin anak memiliki mental tangguh, berikan contoh yang baik misalnya ketika anak takut berinteraksi, tunjukkan cara berinteraksi yang benar. Apabila anak takut berenang, anda bisa menyelam dan menunjukkan cara yang benar sehingga anak paham bahwa tidak ada yang perlu ditakuti.

  1. Ajarkan anak untuk berpendapat

Sejak kecil, ajarkan anak untuk berani mengeluarkan pendapatnya. Jangan potong kalimat anak ketika anak bercerita atau memberikan alasan saat diberikan perintah. Dengarkan dengan baik dan jangan dimarahi agar anak nantinya berani berpendapat dan mengekspresikan perasaannya tanpa rasa takut dan tertekan.

  1. Mengajarkan anak untuk lebih percaya diri

Anak yang takut dan memiliki mental yang tidak kuat biasanya memiliki tingkat percaya diri yang rendah. Maka dari itu anda bisa memberikan kepercayaan kepada si kecil bahwa ia bisa melakukannya sendiri sehingga ia mampu melewati rintangan baginya. Hindari mengatakan hal yang dapat menurunkan rasa percaya dirinya.

Inilah cara melatih anak agar memiliki mental tangguh menjadikannya lebih berani dan mandiri. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, ibu dapat memberikan nutrisi yang seimbang. Susu Nutrilon Royal dapat melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan kandungan ActiDuobio, FOS:GOS 1:9, vitamin C, vitamin E, Omega 3, Omega 6, DHA, dan zat besi untuk meningkatkan imunitas dan meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Deskripsi : mental tangguh anak dapat diasah sejak dini untuk mempersiapkan dirinya menghadapi dunia luar.