Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Mengapa Anda Membutuhkannya
- Others

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Apa manfaat asuransi jiwa ? ini bisa jadi pertanyaan inti dari orang – orang yang akan menggunakan asuransi ini. Tujuan utama asuransi ini tidak lain adalah untuk memberikan rasa nyaman kepada anda sebagai pembeli asuransi berserta keluarga tercinta.

Adapun tujuan yang lebih luas lagi bisa anda dapatkan dari asuransi jiwa ini adalah sebagai berikut:

  • menabung untuk pengeluaran yang direncanakan misalnya, untuk biaya kuliah anak-anak anda kelak di universitas;
  • menabung untuk mempersiapkan hari pensiun.

Bagaimana cara memilih program asuransi jiwa ?

Sekarang kita akan masuk pada bahasan lebih lengkap, setidaknya ada 4 jenis program yang ada pada asuransi jiwa ini, namun beda perusahaan biasanya programnya juga bisa berbeda.

  1. Asuransi jiwa berisiko

Dalam bentuknya yang paling murni, asuransi jiwa berisiko menyiratkan satu peristiwa yang diasuransikan.

Dalam hal ini, tertanggung memberikan satu kontribusi atau membayarnya secara teratur, semuanya di sini tergantung pada kontrak. Saat terjadi peristiwa yang diasuransikan, teman atau keluarga bisa menerima uang tersebut.

Asuransi jiwa berisiko sering kali menjadi dasar dari apa yang disebut asuransi campuran, di mana anda menerima pembayaran meskipun anda sakit atau terluka.

Dalam asuransi campuran seperti itu, anda dapat memilih secara mandiri:

  • jumlah pembayaran
  • daftar kemungkinan efek samping (kecacatan, cedera, penyakit mematikan);
  • jangka – dari satu tahun sampai 20 tahun atau lebih.
  • Besarnya iuran dihitung oleh perwakilan perusahaan asuransi. Itu tergantung pada tarif perusahaan dan faktor lain (misalnya, jumlah pembayaran).

Contoh: Anton bekerja sebagai sopir dan mengalami kecelakaan pekan lalu, dia terpeleset, jatuh, patah tulang, kehilangan kesadaran, Sekarang dia tidak akan bisa bekerja untuk sementara waktu.

Tapi Anton memiliki polis asuransi. Dengan polisnya ini maka perusahaan asuransi akan membayarnya sejumlah yang akan menghidupi keluarga Anton sementara dia pulih dari cederanya.

  1. Asuransi endowment atau Kombinasi asuransi dan tabungan

Ada pendapatan tetap dalam asuransi endowment, kemungkinan pendapatan akan lebih rendah dibandingkan dengan asuransi investasi. Setelah anda menandatangani kontrak, anda dapat memiliki keduanya atau salah satu dari dua opsi:

suatu peristiwa yang diasuransikan telah terjadi – penerima manfaat anda (yaitu, mereka yang anda sebutkan dalam kontrak) akan menerima pembayaran (dengan risiko “kematian”).

sampai akhir kontrak, tidak ada yang terjadi pada anda. Anda mendapatkan tabungan anda (dengan risiko “bertahan hidup” atau “bertahan sampai peristiwa tertentu”).

Contoh: Niko dan Anna memiliki seorang putra. Orang tua yakin bahwa mereka akan memberinya apartemen ketika dia sudah dewasa.

Niko membayar kontribusi kepada perusahaan asuransi setiap tahun, dan pada ulang tahun ke-18 putranya, orang tuanya akan memberinya sertifikat.

Pada saat yang sama, selama 18 tahun, nyawa Niko telah diasuransikan: jika terjadi kecelakaan, perusahaan asuransi akan membayar jumlah yang terakumulasi pada tanggal yang ditentukan dalam kontrak.

Artinya, anda bisa menabung untuk sesuatu yang penting selama 10 tahun, dan selama ini nyawa anda akan diasuransikan. Anda dapat memilih sendiri jumlah kontribusi dan pembayaran yakni jangka waktu 5 sampai 20 tahun atau lebih.

  1. Asuransi pensiun sukarela

Program asuransi pensiun sukarela mirip dengan asuransi endowment. Perbedaan pertama adalah mencapai usia pensiun, dan yang kedua adalah anda dapat memilih periode di mana anda (atau orang lain yang anda pilih) akan menerima pensiun tambahan.

Pilihan asuransi pensiun ini ada dua biasanya antara lain:

Pensiun seumur hidup

Anda memilih periode di mana anda akan mulai menerima pensiun tambahan. Jika sesuatu terjadi pada anda, maka akumulasi saldo pensiun tidak akan “habis”, tetapi akan dibayarkan kepada “penerima” – kepada orang yang anda tunjuk: suami, istri atau kerabat dekat lainnya.

Pensiun Berjangka

Anda menentukan periode tertentu ketika anda ingin menerima pensiun tambahan (misalnya, dari usia 65 sampai 70 tahun).

Contoh: Anto memutuskan bahwa uang pensiunnya tidak akan cukup. Selama 20 tahun terakhir, dia telah membayar iuran untuk program asuransi pensiun. Setelah pensiun, Anto akan menerima pembayaran tambahan seumur hidup.

  1. Asuransi investasi

Dalam hal ini, anda mengizinkan perusahaan asuransi untuk mengelola uang anda. Ok supaya lebih jelas bagaimana asuransi investasi ini bekerja anda bisa simak dalam contoh kasus di bawah ini.

Contoh: Yulita bekerja di lembaga pemerintah, dia secara teratur menerima gaji dan memiliki reputasi yang baik dengan atasannya. Dia ingin mendapatkan uang tambahan, tetapi dengan risiko minimal.

Perusahaan asuransi menawarinya program asuransi investasi. Yulita akan mendapat untung jika situasi di pasar saham menguntungkan dan tidak akan kehilangan uang jika terjadi ketidakstabilan pasar.

Dengan berinvestasi di asuransi investasi, anda menerima pengurangan pajak dari kontribusi. Namun, perlu diingat bahwa kontribusi dan pendapatan investasi tidak diasuransikan, tidak seperti deposito bank.

Jika perusahaan asuransi bangkrut, anda bisa kehilangan semua uang anda. Oleh karena itu, kami sarankan anda lakukan banyak pertimbangan lagi sebelum menggunakan asuransi investasi ini.