Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Alami
- Kesehatan

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Alami

Ada beberapa masalah yang timbul setelah seorang wanita melahirkan. Perut yang buncit, perut yang kendur, kulit bergelambir, terdapat lemak pada bagian perut adalah keluhan yang paling sering dilontarkan. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan sebenarnya cukup mudah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Pilih Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat ternyata dipercaya bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserta tinggi, mengandung protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, dan sebagainya. Selain menyehatkan, mengkomsukikan makanan yang mengandung demikian ternyata juga membantu mengecilkan perut.

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang akan menghambat proses pembakaran lemak. Misalnya seperti makanan cepat saji, seperti mie instan, burger, pizza atau sejenisnya. Makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Tidur Cukup

Selain makan makanan sehat, tidur yang cukup bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan berikutnya. Tidur kurang dari 7 jam dipercaya berisiko memiliki berat badan berlebih. Pastikan Anda memperbaiki jam tidur Anda. Siklus tidur yang tidak teratur bisa menganggu metabolisme Anda sehingga lebih sulit menurunkan berat badan.

Hal ini mungkin sedikit sulit dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan, pasalnya ia harus selalu terjaga saat si bayi belum tidur. Disini dibutuhkan kerjasama dengan pasangan Anda untuk bergantian dalam menjaga si bayi dan membiarkan ibu istirahat yang cukup. Selain bisa membantu mengurangi berat badan, ibu juga akan lebih sehat dan fresh.

3. Yoga

Mengikuti kelas yoga juga bisa menjadi solusi atau cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Dengan melakukan yoga bisa tubuh Anda akan menjadi rileks, nyaman, serta dapat membantu sistem metabolisme bekerja secara maksimal. Selain di pusat kebugaran, yoga bisa Anda lakukan di rumah.

Yoga di rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan video-video tutorial yoga khusus untuk ibu yang baru melahirkan. Anda bisa melakukan secara rutin seminggu sekali atau beberapa kali dalam seminggu agar hasil lebih maksimal.

4. Hindari Stress

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang paling penting adalah menghindari stress. Apabila Anda tidak mengelola stress dengan tepat, bisa memengaruhi hormon kortisol di dalam tubuh Anda. Jika hormon kortisol diproduksi berlebih, maka cenderung meningkatkan kenaikan berat badan.

Jika sedang penat atau stress Anda bisa meminta pasangan Anda untuk pergi jalan-jalan atau melakukan hal-hal yang bisa meringankan beban pikiran. Misalnya seperti berenang atau sekedar keluar mencari udara segar.

Itulah tadi beberapa tips cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Cara-cara lainnya mungkin bisa Anda dapatkan melalui review dari orang yang telah berpengalaman. Dengan begitu, informasi yang Anda dapatkan akan lebih jelas dan tepat. Dengan begitu, selain perut jadi lebih kecil, tubuh juga akan lebih sehat.