Cara Merawat Kaos Sablon Supaya Tahan Lama
- Others

Cara Merawat Kaos Sablon Supaya Tahan Lama

Kaos sablon tidak boleh dirawat dengan sembarangan. Karena sablon cepat rusak dan mengelupas. Apalagi anda membeli kaos yang kualitas sablonnya kurang bagus. Jika sablon di kaos favorit kamu rusak, tentunya sangat menyebalkan. Ketika cetak baju sendiri, anda harus perhatikan jenis sablonnya. Pilih jenis sablon yang berkualitas dan tidak mudah mengelupas. Tidak hanya lebih tahan lama, tapi juga membuat desain kaos semakin bagus. Berikut ini beberapa cara merawat kaos sablon supaya tahan lama

Jangan Menyikat Kaos

Kaos yang memiliki sablon dibagian depan atau belakang, sebaiknya jangan dicuci dengan disikat. Menyikat kaos bisa membuat sablon cepat rusak dan lepas. Anda hanya perlu menguceknya dengan tangan. Ini sudah bisa membuat kaos anda tetap bersih. Bila ada noda membandel cukup kucek dengan tangan dan berikan detergen cair, sehingga nodanya cepat hilang.

Jangan Gunakan Untuk Tidur

Selalu bedakan kaos yang digunakan untuk tidur dan sehari-hari. jangan gunakan kaos sehari-hari anda untuk tidur. Karena bisa membuat kaos lebih cepat rusak. kotorannya juga bisa menempel pada tempat tidur anda. Banyak orang yang belum bisa menghilangkan kebiasaan ini. karena malas ganti baju, selalu tidur dengan kaos yang digunakan dan akhirnya kaos cepat molor.

Langsung Bersihkan Kaos Jika Ada Noda Membandel

Jika kaos anda terkena noda, jangan menunggu lama membersihkannya. Langsung bersihkan secepat mungkin. bila dibiarkan akan menjadi noda membandel dan susah untuk dibersihkan. Jika anda sedang ditempat umum, kucek noda sebentar di bawah wastafel. Setelah sampai rumah bisa dibersihkan dengan sabun sampai hilang nodanya.

Jangan Cuci Kaos Dengan Mesin Cuci

Sebaiknya jangan cuci kaos dengan menggunakan mesin cuci. Mesin cuci akan membuat sablon kaos anda cepat rusak. kecuali anda menggunakan mesin cuci dengan bukaan dibagian samping. Karena perputarannya lebih baik dibandingkan mesin cuci bukaan diatas. Tapi lebih baik mencuci dengan tangan, karena membuat tekstur kaos dan sablon lebih tahan lama.

Balik Kaos Saat Dijemur

Saat menjemur kaos, balik bagian dalam ke luar. Sehingga bagian dalam yang terkena sinar matahari. Jika bagian luar yang terkena sinar matahari, akan membuat sablon pecah-pecah dan warna kaos memudar, oleh karena itu balik kaos anda saat dijemur dibawah sinar matahari.

Pisahkan Kaos Dengan Baju Yang Luntur

untuk menjaga keawetan kaos, pisahkan kaos dengan baju yang luntur. Jangan cuci dengan baju yang mudah luntur. Apalagi warna kaos anda putih. Lebih baik dipisah dengan baju lainnya. ini akan membuat warna kaos tetap bagus dan tidak mudah kelunturan. Jika kaos favorit anda kelunturan tentunya tidak bagus dikenakan.

Jangan Rendam Terlalu Lama

Jangan rendam kaos terlalu lama, cukup rendam beberapa menit saja. kemudian langsung dikucek. Meredam kaos terlalu lama akan membuat kualitas sablonnya rusak. selain itu sablon akan cepat lepas dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan air dan sabun yang anda gunakan.

Simpan Di Tempat Kering

Setelah dijemur, setrika baju dengan suhu yang tepat. jangan setrika dengan suhu yang terlalu panas, karena bisa merusak sablon. Kemudian simpan kaos di tempat kering. Jangan simpan di tempat yang lembab. Bisa membuat kaos lebih mudah jamuran.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat printing baju dengan sablon. Sehingga bisa digunakan dalam waktu lama dan kualitas sablon tetap bagus.