Cara Mudah dan Murah Service AC Sendiri di Rumah
- Others

Cara Mudah dan Murah Service AC Sendiri di Rumah

Agar AC dapat menjalankan fungsinya dengan baik, tentu diperlukan perawatan secara rutin. Umumnya hal ini dilakukan menggunakan jasa service AC. Namun, jika hanya melakukan pembersihan rutin, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Persiapan

Sebelum melakukan proses pembersihan Anda harus menyiapkan beberapa peralatan, yaitu vacuum cleaner, kemoceng, cairan pembersih dan kain lap. Kemudian, pastikan Anda Anda sudah mematikan dan mencabut aliran listrik ke AC untuk meminimalisir resiko. Selanjutnya bacalah buku petunjuk untuk memahami bagian-bagian AC.

Membersihkan Filter AC

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka cover depan. Setelah terbuka Anda mulailah bersihkan debu yang menempel pada filter menggunakan vacum cleaner, jika tidak ada Anda bisa menggunakan kuas kecil.

Setelah debu yang menempel sudah hilang, bersihkan kembali filter AC menggunakan air bersih yang dicampur dengan sabun pencuci piring. Jangan menyikat bagian ini kuat-kuat, cukup dibersihkan secukupnya saja. Jika dirasa sudah bersih, keringkan filter dan pastikan sudah tidak ada lagi air yang menempel pada filter sebelum memasangnya kembali.

Membersihkan Kumparan Evaporator dan Kipas

Bagian evaporator dan kipas merupakan bagian yang terpasang permanen. Jadi, perlu ketelitian dan kesabaran dalam membersihkan bagian ini. Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang berbentuk spray untuk mempermudah. Agar tidak berantakan pastikan Anda memberikan alas atau wadah di bawah AC.

Setelah semua siap, Anda bisa mulai bersihkan bagian permukaan menggunakan kain atau sikat kaku. Kemudian bersihkan bagian dalam dengan menggunakan cairan pembersih. Hal ini dimaksudkan untuk merontokan kotoran yang melekat yang mungkin akan menyebabkan sumbatan. Setelah itu tunggu selama 10—15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

Bersihkan Bagian Unit Luar

Ketika melakukan service AC mandiri, umumnya orang hanya membersihkan unit dalamnya saja. Padahal sebenarnya unit luar pun aman untuk Anda bersihkan sendiri. Sama halnya dengan unit dalam, unit luar juga berpotensi dipenuhi debu dan kotoran. Oleh sebab itu pembersihan secara rutin unit luar juga penting.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan air bertekanan ke arah unit luar untuk merontokan debu dan kotoran yang menempel. Tak perlu ragu saat menyemprot, karena unit luar umumnya dibuat sedemikian rupa untuk mencegah air masuk dengan mudah ke dalam sistem.

Bersihkan Cover AC

Pembersihan cover memang tidak memberikan efek apa-apa pada efisiensi dan kinerja AC. Namun, Anda pastinya tidak ingin melihat AC Anda berdebu dan kotor. Anda bisa membersihkan bagian cover dengan menggunakan lap basah. Kemudian bersihkan kembali menggunakan lap kering agar tidak meninggalkan bercak air.

Itulah cara membersihkan AC sendiri di rumah, cukup mudah, bukan. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang membersihkan sendiri, service AC rutin perlu tetap dilakukan. Anda bisa menggunakan jasa servis AC. Anda bisa mengunjungi lama Sejasa.com untuk menemukan penyedia jasa servis AC di wilayah Anda.