Cara Mudah Kompres Ukuran Video Via Handbrake
- Others

Cara Mudah Kompres Ukuran Video Via Handbrake

Memperkecil ukuran video adalah salah satu solusi paling tepat untuk ukuran video yang terlalu besar sehingga akan memakan banyak space di ruang penyimpanan. Kamu bisa melakukannya dengan cara kompres video. Kamu bisa melakukannya baik dengan menggunakan aplikasi offline ataupun aplikasi online. Yang bisa kamu akses baik melalui laptop ataupun android. Jika kamu sering menyimpan video atau memang kamu menekuni bidang tersebut pastinya paham jika video memiliki ukuran yang cukup besar. Terlebih lagi untuk video dengan durasi yang cukup panjang dan juga sangat bagus kualitasnya. 

Banyaknya video yang berada di ruang penyimpanan pastinya akan membuat kamu kehabisan kapasitas ruang penyimpanan. Tetapi tentunya akan sangat menguntungkan saat kamu bisa kompres ukuran video tersebut tanpa mengurangi kualitasnya. Lalu bagaimana cara kompres ukuran video yang mudah tanpa harus mengurangi kualitasnya?  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengompres video, dan salah satunya via Handbrake.

Handbrake ini sendiri merupakan sebuah software video converter multi platform. Kamu bisa menjalankan aplikasi gratis ini pada beberapa sistem operasi seperti Windows 64 dan 32 bit, Linux, dan juga Mac OS. Dengan menggunakan Handbrake kamu bisa mengatur ukuran video yang akan dihasilkan sesuai dengan keinginanmu. Dan tentunya dengan kualitas yang tetap terjamin dan bagus. Jika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi minim tidak perlu khawatir untuk install aplikasi yang satu ini. Karena aplikasi Handbrake ini cukup ringan untuk dijalankan. Selain itu juga Handbrake ini dapat mendukung hampir semua format video.

Berikut dibawah ini cara mudah kompres ukuran video via Handbrake diantaranya yaitu :

  1. Via Handbrake

Berikut cara kompres ukuran video di via Handbrake di laptop :

  • Jika kamu belum menginstal aplikasi tersebut di komputer, maka kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya. Proses installnya cukup mudah, kamu hanya perlu klik next lalu ikuti petunjuk seperti saat akan instalasi aplikasi yang lainnya.
  • Setelah aplikasi tersebut berhasil dipasang, coba buka aplikasi tersebut lalu cari video yang akan kamu kompres.
  • Setelah kamu berhasil membuka video tersebut, kamu tinggal menentukan destinasi file hasil kompres tersebut. Caranya dengan klik tombol Browse lalu menentukan folder untuk menyimpan file tersebut. Kemudian video tersebut diberinama.
  • Setelah itu pada bagian preset yang berada disebelah kanan layar komputernya itu pilih Normal. Lalu pada Output Setting pilihlah MP4. Dan jangan lupa bagian Web Optimizednya kamu centang. Tujuannya adalah supaya video yang dihasilkan nantinya bisa sesuai dengan rekomendasi ukuran video yang bisa kamu upload di internet. Kemudian pada Tab Picture Ature Resolusi atau Size yang kamu inginkan.
  • Kemudian klik pada tab Video lalu rubah Video Encoder menjadi H.264 (X264).
  • Setelah kamu merasa pengaturannya sudah cukup, maka langkah yang terakhir adalah mengompres video tersebut dengan cara klik tombol Start Encode. Lalu tunggu hingga prosesnya selesai, kecepatan kompres tergantung kepada durasi video dan juga spesifikasi komputer yang kamu gunakan.
  • Setelah selesai cobalah buka folder hasil pengompresan video tersebut. Kamu bisa melihat jika video hasil kompres yang sudah kamu lakukan bisa berkurang 50 % dari ukuran video yang sebenarnya. Dan pastinya dengan kualitas video yang masih terlihat bagus.

Itulah cara mudah kompres ukuran video via Handbrake. Selain itu masih ada cara mudah lainnya untuk mengompres video seperti via VideoSmaller.com.