Daftar Bumbu Tanpa MSG Baik Untuk Kesehatan
- Others

Daftar Bumbu Tanpa MSG Baik Untuk Kesehatan

Bumbu penyedap rasa yang dijual dipasaran hampir semuanya menggunakan MSG namun ada beberapa yang tanpa MSG misalkan salah satunya adalah maggi bumbu penyedap namanya bisa anda beli dimana saja.

Jikapun anda masih ragu, maka pilihan yang paling masuk akal adalah menggunakan bumbu dari bahan bahan rempah rempah alami yang langsung diambil dari alam kemudian diolah sedemikian rupa dan jadilah kesatuan bumbu penyedap masakan.

Namun tentu saja butuh ketelitian dalam mengolah sehingga rasanya enak, kalau salah salah bisa jadi rasa masakan akan hambar. Maka dari itu pilihan tepat memang mencari bumbu sachet yang tanpa MSG seperti yang kami contohkan diatas misalkan.

Jika anda ingin menafaatkan bahan alami, maka daftar dibawah ini bisa anda jadikan sebagai bahan refrensi yuk simak langsung saja.

1. Bawang Putih

Yang pertama adalah bawang putih, ini salah satu bumbu masakan tradisional dari jaman dulu sampai sekarang yang tidak hanya cocok digunakan sebagai penyedap rasa saja melainkan juga dalam dunia kesehatan.

Bawang putih memiliki tekstur yang lembut ketika di iris atau di ulek, kemudian enak dijadikan bumbu sambal, osengan, sayur dan lain sebagainya cara menggunakanya sederhana anda tinggal kupas saja bawang putihnya iris atau ulek sesuai dengan selera anda.

2. Kaldu Ayam atau Sapi

Kemudian bekas air ketika anda merebus ayam dan daging sapi juga ternyata sangat bagus dijadikan kaldu sebagai pengganti garam dan tentu saja kaya akan mineral dan protein. Kaldu ini memang sangat direkomendasikan kepada anda sebagai bahan penyedap rasa yang sangat alamiah dan menyehatkan.

3. Terasi

Kemudian ada terasi, dimana bahan terasi yang terbuat dari udang tentu saja akan memberikan cita rasa maskaan menjadi lebih sempurna. Ini bumbu penyedap rasa alami dan tentu saja meskipun baunya sangat tidak enak tapi kalau sudah dijadikan bumbu maka rasa masakan akan semakin meningkat tingkat kelejatanya.

4. Keju

Kemudian juga ada keju yang bisa anda jadikan sebagai salah satu bumbu yang sangat simple dimana keju biasanya dijadikan sebagai pelengkap ketika memasak telur dadar dan lain sebagainya.

Mennggunakan keju sebagai bumbu sangat sederhana anda tinggal iris tips dan campurkan pada masakan anda.

5. Daun Pandan

Kemudian yang tidak kalah populer adalah daun pandan, tidak hanya memberikan efek pada masakan semakin enak tapi wangi daun pandan ini sendiri akan membuat aroma masakan menjadi lebih menggoda.

Tidak hanya digunakan dalam resep pembuatan makanan tapi daun pandan juga banyak digunakan dalam membuat campuran adonan kue.

6. Gula

Gula menjadi salah satu bumbu dalam memasak yang sangat wajib digunakan terutama oleh orang yang tinggal di Pulau Jawa. Gula yang terbuat dari tebu ini tentu saja bebas dari MSG. Gula bisa anda fungsikan sebagai penyeimbang rasa pedas.

Gula pasir, kemudian gula jawa sampai dengan gula aren adalah pilihan bumbu alami yang sangat kami rekomendasikan daripada anda menggunakan bumbu yang mengandung MSG tinggi.