Fakta Penting Ganti Oli Mesin yang Perlu Diperhatikan
- Others

Fakta Penting Ganti Oli Mesin yang Perlu Diperhatikan

Bagian dari mobil yang memerlukan biaya mahal saat mengalami kerusakan adalah mesin. Penyebab dari kerusakan pada bagian mesin bisa terjadi karena kelalaian Anda saat ganti oli mobil. Jangan anggap remeh menunda-nunda penggantian oli bisa membuat mobil menjadi mudah rusak. Berikut fakta penting tentang penggantian oli yang perlu diperhatikan.

  1. Oli Hitam Tak Selalu Harus Diganti

Penggantian oli tidak bisa dilakukan oleh orang awam yang tidak memiliki pengetahuan maksimal tentang oli. Sebab oli yang berwarna hitam ternyata tidak selalu menandakan oli harus diganti. Ada kriteria lain selain sekadar berwarna hitam. Oli harus juga berisi kotoran dan berbau apek atau tidak sedap baru dilakukan penggantian.

Sebab kalau hanya sekadar oli berwarna hitam yang menjadi acuan maka ini sebuah kesalahan. Faktanya oli pasti akan berwarna hitam karena fungsinya sebagai pelumas untuk membersihkan permukaan dinding silinder mobil. Kerak-kerak sisa pembakaran juga akan mempengaruhi warna oli. Jadi bukan berarti oli berwarna hitam sudah harus langsung diganti.

  1. Tidak Boleh Menggunakan Oli Banyak Merek

Ada yang mengatakan bahwa menggunakan oli dengan berbagai merek pada satu mobil dapat merusak mesin. Faktanya ganti oli dengan merek yang berbeda tidak mengganggu kinerja mesin sepanjang kadar kekentalan olinya sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Jadi pihak bengkel akan merekomendasikan spesifikasi oli yang sama sekali pun mereknya berbeda jika oli yang biasa digunakan tidak ada. Hal ini tidak jadi masalah, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Lakukan saja penggantian oli jangan sampai ditunda karena bisa berisiko kerusakan saat di perjalanan nantinya.

  1. Penggantian sesuai Jarak Tempuh Saja

Faktanya penggantian oli tidak hanya mempertimbangkan jarak tempuh dari perjalanan yang dilakukan mobil. Sebab setiap daerah atau kota memiliki kondisi jalanan yang berbeda-beda. Jadi selain jarak tempuh perlu dipertimbangkan tingkat kemacetan setiap harinya yang dilalui.

Istilahnya dikenal dengan running engine hour, kondisi yang harus dipertimbangkan dari durasi nyala mesin. Lamanya mesin hidup saat di perjalanan yang macet dapat mempengaruhi penggunaan oli mesin.

  1. Masa Pakai Oli

Tahukah Anda ternyata oli dibuat dengan bahan dasar yang terdiri dari beberapa jenis yaitu ada oli full sintetik, oli semi-sintetik, dan oli mineral. Setiap bahan dasar yang digunakan oli memiliki masa pakai yang berbeda-beda.

Di mana yang dimaksud oli full sintetik adalah oli dari hasil pemilahan terbaik yang menggunakan oli mineral. Contoh oli ini adalah TOP1 Evolution yang kualitasnya sudah terpercaya. Perlindungannya terhadap kinerja mesin sudah terjamin aman dan tahan lama. Anda bisa menanyakan ke pihak bengkel jenis oli yang digunakan dari bawaan mesin agar tidak salah.

  1. Beban Muatan Mobil

Ternyata beban dari muatan yang dibawa mobil juga mempengaruhi pemakaian oli karena beban kerja yang dilakukan mobil menjadi lebih keras. Anda tentu bisa melihat beban dari sebuah mobil mempengaruhi kecepatannya di mana tugas oli sebagai pelumas menjadi lebih berat atau bisa dibilang mesin bekerja melebihi kapasitasnya.

  1. Tunggu Mesin Dingin

Anda tidak disarankan melakukan penggantian oli saat mesin dalam kondisi terlalu panas. Jadi penggantian oli dilakukan dengan menunggu beberapa menit setelah mobil berhenti. Di mana jika penggantian oli dilakukan saat mesin dalam kondisi normal tidak terlalu panas akan membuat oli lebih kental dan tahan lebih lama.

  1. Kuras atau Buang Oli

Penggantian oli cukup dilakukan dengan membuang oli lama dan memasukkan oli yang baru. Di mana oli yang terbuang hanya sekitar maksimal 4 liter. Cara penggantian oli ini hanya dengan membuka baut di bawah bak penampungannya dan tidak menghabiskan waktu yang lama.

Berbeda dengan menguras oli yang menghabiskan lebih banyak oli bisa sampai 12 liter. Pengurasan ini tidak dilakukan seperti penggantian oli biasa hanya dilakukan dengan interval waktu lebih lama bisa 6 bulan sekali. Jadi Anda perlu mengetahui perbedaan ini agar tidak salah pemahaman jika pihak teknisi bengkel ada yang menanyakannya.

Ganti oli mesin mobil di bengkel yang tidak resmi sesuai brand mobil perlu hati-hati. Anda harus teliti dengan melihat kemasan dari oli yang digunakan. Pastikan olinya sesuai dengan penggunaan mobil. Anda bisa melakukan penggantian oli dengan aman dengan kontak via online di otomall.id.