Harga Mesin Kopi dan 5 Tips untuk Memilihnya dengan Tepat
- Others

Harga Mesin Kopi dan 5 Tips untuk Memilihnya dengan Tepat

Mesin kopi merupakan salah satu alat wajib yang dimiliki oleh setiap pencinta kopi. Begitupun jika Anda juga pecinta kopi. Anda pasti menginginkan rasa kopi yang terbaik. Jika iya, tentu Anda juga akan memilih mesin kopi dengan kualitas yang terbaik. Harga mesin kopi saat ini juga sangat terjangkau sehingga memungkinkan untuk memilikinya di rumah. Berikut adalah beberapa tips memilih mesin kopi yang tepat.

Tips Memilih Mesin Kopi yang Tepat

Walaupun harganya sudah mulai terjangkau, bukan berarti mesin kopi memiliki harga yang murah, apalagi jika mesin kopi tersebut benar-benar berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa asal memilih mesin kopi. Selain mengetahui jenis-jenis mesin kopi dan bagaimana kualitasnya, Anda juga harus menyesuaikan mesin kopi dengan jenis kopi yang hendak Anda olah. Bertanya dengan penjual adalah langkah yang paling tepat.

  1. Menentukan jenis seduhan kopi

Setiap mesin kopi mempunyai berbagai macam seduhan. Beberapa seduhan yang cukup populer saat ini adalah kopi klasik dan juga espresso. Jadi, sebelum memutuskan membeli atau memilih mesin kopi, pastikan Anda tahu hal ini terlebih dahulu karena masing-masing jenis seduhan tentu akan membutuhkan mesin kopi yang berbeda juga.

  1. Memperhatikan kapasitas mesin

Selain jenis seduhan, hal berikutnya yang wajib Anda perhatikan adalah tentang kapasitas mesin. Mesin untuk membuat kopi sehari-hari tentu akan berbeda dengan mesin kopi untuk produksi jumlah banyak seperti di coffee shop. Jika Anda hanya ingin menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari saja, akan lebih baik jika Anda memilih mesin kopi dengan kapasitas kecil.

  1. Menentukan ukuran mesin kopi

Hampir mirip dengan poin kedua, kapasitas mesin kopi biasanya akan ditentukan dari ukuran mesin kopi. Akan tetapi, ukuran mesin ini lebih ke arah manajemen tempat Anda. Pertimbangkan ukuran mesin kopi agar tidak terlalu memakan banyak tempat di dapur. Jika Anda memilih mesin kopi berukuran besar, tentu saja Anda harus menyiapkan tempat yang cukup besar juga.

  1. Mengetahui fungsi mesin kopi

Masing-masing orang mempunyai selera kopi yang berbeda. Jika Anda menyukai kopi berkarakter soft, bisa jadi anggota keluarga lain menyukai yang agak kental. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui fungsi mesin kopi dengan baik. Jika kasusnya seperti contoh di atas, maka akan lebih baik jika Anda memilih mesin kopi dengan fungsi yang banyak.

  1. Harga sesuai budget

Tips terakhir dan yang paling penting adalah sesuaikan budget Anda. Jangan membeli mesin kopi dengan harga di atas budget Anda karena hal itu justru akan merepotkan di kemudian hari. Anda masih harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli biji atau bubuk kopi. Oleh karena itu, perhatikan hal ini baik-baik.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, kini Anda sudah bisa menentukan dan memilih mesin kopi dengan tepat. Ketika semuanya sudah cocok, maka kopi yang dihasilkan pun akan terasa lebih nikmat dan siap untuk menemani aktivitas di pagi hari.