Ini Dia Kebaikan Memberi Susu Formula kepada Bayi yang Perlu Diketahui
- Parenting

Ini Dia Kebaikan Memberi Susu Formula kepada Bayi yang Perlu Diketahui

Para pakar kesehatan berpendapat bahwa air susu ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Sayangnya belum tentu semua ibu dapat menyusui dikarenakan berbagai faktor, seperti kesibukan ataupun air susu yang kurang. Oleh sebab itu, susu formula pun menjadi pilihan.

Sebagian besar ibu, memutuskan untuk memberikan ASI atau susu formula, pasti diiringi dengan sejumlah pertimbangan seperti  dari sisi  kenyamanan, gaya hidup, dan memiliki kondisi medis tertentu.

Jika kesibukan kerja yang menjadi penyebabnya, ibu dapat melakukan pemompaan ASI, sehingga bayi tetap bisa mendapatkan asupan susu secara penuh dan terhindar dari kekurangan ASI ataupun beberapa macam alasan yang lain. Namun, apabila tidak mampu menyusui secara langsung, susu formula pun dapat menjadi pengganti ASI yang baik.

Sejumlah Kelebihan Susu Formula yang perlu Ibu Tahu

Sebagian besar ibu yang menghadapi kendala dalam menyusui, biasanya memilih susu formula untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Terdapat berbagai merek dan produk yang dapat dipilih. Kandungan nutrisi yang ditawarkan susu formula pun beragam, bahkan menjanjikan dapat mendukung  tumbuh dan kembang bayi secara penuh.

Saat ibu ingin memilih produk susu bayi,  coba selalu periksa keterangan pada labelnya dengan cermat untuk memastikan apakah susu tersebut  cocok diberikan untuk bayi ibu.

Ternyata pemberian susu ini memiliki sejumlah kelebihan, berikut ini pembahasannya:

  1. Mudah dan Fleksibel

Memberikan susu formula pada bayi tentu cukup mudah dan praktis, karena dapat dilakukan kapan saja. Ayah, ibu ataupun orang lain yang dipercaya dapat melakukannya. Penggunaan botol susu formula dapat memberi kesempatan istirahat kepada ibu setelah berkegiatan atau mengasuh si kecil seharian.

  1. Terhindar dari repot

Untuk ibu menyusui, memompa ASI tentu memerlukan waktu tersendiri. Sehingga terkadang malah dapat membuat repot khususnya untuk ibu yang baru pertama kali menyusui atau ibu yang sibuk bekerja. Ibu bisa meminta tolong pengasuh atau orang terdekat untuk memberikan susu formula sesuai waktu dan takaran kebutuhan bayi.

  1. Lebih Mengenyangkan

Perlu untuk diketahui bahwa susu formula tidak akan dicerna secepat ASI. Saat bayi diberi susu formula, bayi tidak perlu makan terlalu sering, terutama  selama masa 1 – 6 bulan, karena sifat produk ini dapat mengenyangkan.

  1. Ibu dapat mengkonsumsi makanan tanpa khawatir

Jika bayi sudah diberikan susu formula dan ibu tidak sedang menyusui, ibu tidak perlu was-was lagi untuk mengkonsumsi makanan apapun. Yang terpenting, usahakan untuk tetap memilih makanan sehat. Karena ibu tidak menyusui, maka tidak ada asupan tertentu yang masuk ke dalam sistem pencernaan bayi, jadi ibu tidak perlu khawatir.

  1. Memberikan pilihan untuk ibu

Menyusui terkadang dapat membuat lelah dan stres. Bahkan pada beberapa ibu bisa saja menimbulkan rasa sakit pada puting. Oleh karena itu, semua pilihan untuk menyusui ataupun pun hanya memberikan susu formula pada bayi sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Sesuaikan dengan kondisi  kesehatan tubuh dan pikiran, karena hal ini dapat berpengaruh ke bayi.

Untuk mencari  informasi tentang produk susu yang lengkap, kunjungi saja https://www.orami.co.id/! Beragam promo dan hadiah menarik sudah menunggu di toko online satu ini.