Jenis-Jenis Asuransi Traveling yang Harus Anda Ketahui
- Wisata

Jenis-Jenis Asuransi Traveling yang Harus Anda Ketahui

Asuransi traveling merupakan salah satu jenis asuransi yang penting untuk Anda miliki. Banyak sekali orang yang belum menyadari akan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Biasanya, mereka lebih fokus pada asuransi kesehatan. Padahal, asuransi jenis ini penting bagi Anda yang biasa melakukan perjalanan jauh untuk tuntutan pekerjaan atau juga kebutuhan yang lainnya.

Memiliki asuransi perjalanan atau traveling artinya Anda menyiapkan diri untuk risiko perjalanan yang paling buruk. Tidak ada orang yang menginginkan kecelakaan, namun langkah-langkah meminimalisir dan perlindungan tentu saja penting untuk dilakukan. Untuk mulai menggunakan asuransi ini, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis asuransi untuk traveling berikut ini:

Asuransi Berdasarkan Jangka Waktu

Jenis asuransi traveling yang pertama dari travel insurance adalah jenis asuransi berdasarkan jangka waktu. Ada dua jenis yang membagi asuransi jenis ini yaitu single trip insurance dan juga annual travel insurance. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebiasaan dan juga kebutuhan Anda demi meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

Pertama, single trip insurance. Jenis asuransi yang satu ini adalah asuransi yang memiliki aturan hanya berlaku satu kali perjalanan. Artinya, jenis asuransi yang satu ini cocok bagi Anda yang jarang melakukan perjalanan namun masih tetap ingin melindungi diri Anda dengan asuransi perjalanan.

Sedangkan, annual travel insurance adalah jenis asuransi di mana asuransi tersebut memiliki ketentuan yang berlaku untuk perjalanan yang bersifat tahunan. Jadi, apabila Anda sering melakukan perjalanan baik untuk urusan bisnis dan liburan, Anda bisa memanfaatkan jenis asuransi yang satu ini. Harga preminya sendiri tentu jatuhnya akan lebih murah dibandingkan single trip insurance.

Asuransi Berdasarkan Jumlah Peserta

Jenis asuransi traveling yang kedua ialah asuransi berdasarkan jumlah peserta yang ditanggungnya. Ia juga sama seperti hal-nya asuransi berdasarkan jangka waktu karena ia dibagi kembali menjadi dua jenis asuransi yaitu Individual Travel Insurance, dan Group Travel Insurance. Apa perbedaan dari kedua asuransi ini?

Pada dasarnya, perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut sudah dapat dilihat dengan mudah melalui namanya. Individual Travel Insurance artinya asuransi tersebut digunakan untuk perlindungan risiko hanya untuk satu orang dewasa, bahkan juga untuk satu orang yang masih berada dalam satu keluarga. Artinya, anggota keluarga tersebut masih memiliki kaitan dengan orang dewasa yang bersangkutan.

Sebaliknya, Group Travel Insurance merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap sekelompok orang dewasa. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki jumlah maksimal orang yang akan diberikan jaminan perlindungan. Contoh, perusahaan asuransi A memberikan maksimal 5 orang untuk group travel insurance yang mereka miliki.

Berbagai pertimbangan tentu saja harus Anda lakukan sebelum memutuskan memilih salah satu jenis asuransi yang ada. Dengan pilihan yang tepat, Anda akan memiliki kenyamanan dalam melakukan perjalanan karena sudah yakin bahwa perjalanan tersebut sudah memiliki asuransi traveling yang tepat.