Jenis-Jenis Beasiswa Berdasarkan Cakupan dan Pendonornya
- Others

Jenis-Jenis Beasiswa Berdasarkan Cakupan dan Pendonornya

Beasiswa merupakan bantuan dana yang diberikan kepada pelajar karena memenuhi syarat tertentu, seperti kondisi ekonomi atau prestasi. Tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis beasiswa? Jenis tersebut dibedakan berdasarkan cakupan dan juga berdasarkan pendonor. Berikut ini adalah beberapa jenis beasiswa yang perlu Anda ketahui.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Cakupan

  1. Beasiswa penuh

Beasiswa penuh tak hanya memberikan bantuan pada biaya pendidikan saja. Ada beberapa aspek tambahan yang turut mendapat bantuan seperti biaya transportasi, asuransi, akomodasi, biaya hidup, dan berbagai keperluan penunjang pendidikan. Penerima beasiswa penuh hanya tinggal berfokus kepada prestasi akademis dan mematuhi peraturan dari pemberi beasiswa.

  1. Beasiswa parsial

Berbeda dengan beasiswa penuh, beasiswa parsial hanya akan memberikan bantuan sebagian dari seluruh total kebutuhan studi. Biasanya beasiswa ini hanya memberi bantuan di biaya pendidikan saja tanpa bantuan akomodasi, transportasi, dan sarana penunjang pendidikan. Meski begitu, ada pula beasiswa yang hanya memberikan bantuan pada akomodasi saja.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Pendonor

  1. Beasiswa pemerintah

Seperti namanya, beasiswa pemerintah diberikan oleh pemerintah kepada siswa atau mahasiswa yang layak mendapatkan beasiswa. Biasanya ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini karena banyaknya pendaftar. Beasiswa LPDP dan beasiswa LIPI adalah contoh dari beasiswa dari pemerintah salah satunya yaitu beasiswa gerbang raja.

  1. Beasiswa swasta

Beasiswa swasta adalah beasiswa yang disediakan oleh lembaga swasta kepada pelajar yang layak mendapat beasiswa. Biasanya beasiswa ini terfokus pada bidang tertentu, yakni bidang yang menjadi konsentrasi dari lembaga pemberi beasiswa.

  1. Beasiswa internasional

Karena berskala internasional, calon penerima beasiswa ini harus menguasai bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif. Selain menjadi nilai tambah untuk berpeluang mendapatkannya, kemampuan bahasa Inggris juga akan membantu penerima beasiswa ketika sedang dalam masa beasiswa.

  1. Beasiswa bantuan

Untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada pelajar kurang mampu, ada beasiswa bantuan yang memberikan biaya pendidikan khusus untuk pelajar dengan ekonomi rendah. Namun, syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah harus memiliki nilai yang bagus dan layak menempuh tingkat pendidikan selanjutnya. Selama menerima beasiswa, peserta harus menepati target dan konsisten mendapat nilai terbaik.

  1. Beasiswa penghargaan

Beasiswa penghargaan diberikan kepada pelajar yang memiliki prestasi akademik maupun nonakademik. Untuk prestasi akademik biasanya mengacu pada IPK atau nilai akademik, sedangkan untuk prestasi nonakademik mengacu pada beberapa hasil lomba yang diikuti seperti lomba menulis esai, lomba karya tulis ilmiah, lomba olahraga, lomba kesenian, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis beasiswa yang perlu Anda ketahui. Pengetahuan di atas bisa membantu Anda di kemudian hari. Dengan memahami berbagai jenis beasiswa tersebut Anda bisa memetakan beasiswa mana yang menjadi target Anda berdasarkan kondisi Anda dan mempersiapkannya sebaik mungkin.