Kenali 8 Fitur pada Mesin Espresso Berikut
- Others

Kenali 8 Fitur pada Mesin Espresso Berikut

 Seorang pembuat kopi harus dituntut berkutat dengan mesin espresso tiap harinya. Dengan mesin tersebut, seorang Barista mempu menghasilkan kopi espresso nikmat bagi pelanggan. Barista harus mengerti dengan baik bagian dan fungsi mesin espresso. Berikut adalah beberapa fitur pada mesin espresso.

  1. Portafilter

Bagian ini adalah tempat atau wadah dari bubuk kopi yang akan diekstrak. Portafilter harus berada di suhu yang tepat ketika ekstraksi. Disarankan jangan melepasnya terlalu lama dari Grouphead. Bagian ini terdiri atas Basket, Handle dan Spouts.

  1. Tamper

Bentuknya menyerupai stempel atau alat cap. Bagian ini berfungsi untuk memadatkan bubuk kopi pada Portafilter. Cara menggunakannya dengan menekan menggunakan telapak tangan. Suhu yang kurang tepat dapat mempengaruhi rasa dari kopi.

  1. Grouphead

Bagian ini berfungsi sebagai tempat ketika bubuk telah di tamping oleh Portafilter. Bubuk yang telah padat akan diekstrak dengan tekanan tinggi melalui mesin Espresso. Maka dari itu akan menghasilkan Shot Espresso. Grouphead harus pada suhu yang tepat ketika diekstraksi. Anda harus membilasnya dengan air panas saat mesin berada pada kondisi idle yang lama.

Komponen bawah Grouphead diputari oleh sekat bahan karet (Group Head Basket). Berfungsi agar grouphead dan Portafilter tertutup rapat dan tidak ada tekanan yang keluar dari tempatnya. Sekat karet adalah bagian paling rapuh dari mesin Espresso. Anda harus menggantinya minimal satu tahun sekali.

  1. Knockbox

Berfungsi menampung ampas dari bubuk kopi yang sudah diekstrak dari portafilter. Bagian ini berfungsi agar mempermudah Barista dalam membuang ampas bubuk kopi. Cara menggunakannya dengan mengetuk portafilter yang ada di tengah knockbox. Sebenarnya bagian ini bukan merupakan komponen yang menyatu bersama mesin.

  1. Extraction Switch

Fitur ini adalah sejenis tombol yang berguna memulai dan menghentikan proses ekstraksi. Di mesin Espresso otomatis, tombol ini difungsikan agar ekstraksi dapat dihentikan setelah waktu tertentu. Untuk mesin Espresso semi-otomatis, Anda harus menekan tombol tersebut secara manual jika ingin memulai atau menghentikan ekstraksi.

  1. Steam Knob

Berbentuk tombol yang berfungsi menghidupkan serta mematikan uap panas (steam) dari steam wand. Tombol ini dapat diputar-putar untuk mengatur jumlah steam yang keluar sesuai yang kita inginkan. Masing-masing jenis memiliki tombol berbeda, ada yang ditekan maupun diputar.

  1. Steam Wand

Steam wand adalah sebuah tangkai yang berfungsi mengeluarkan uap panas. Biasa digunakan untuk frothing atau memanaskan dan mengeluarkan buih susu. Bagian ini adalah komponen paling panas dari sebuah mesin Espresso. Suhunya dapat mencapai lebih dari 100 derajat celcius. Seorang Barista harus berhati-hati karena dapat membuat kulit terluka.

  1. Dip Tray

Komponen ini berbentuk menyerupai saringan. Terbuat dari bahan stainless steel yang cenderung awet. Bagian ini berfungsi untuk tempat pembuangan sampah kopi. Bagian ini juga sebagai penampung air dan cipratan kopi yang tercecer.

Berikut tadi adalah 8 fitur pada mesin Espresso. Mesin kopi merupakan alat penting dari sebuah kedai kopi. Bijaklah dalam memilih mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan dari segi dana dan tujuan dari penggunaan mesin tersebut.