Konsep Industri Kreatif, Jenis dan Contohnya, Lengkap!
- Others

Konsep Industri Kreatif, Jenis dan Contohnya, Lengkap!

Saat ini, Indonesia sedang memiliki wacana untuk mengembangkan industri kreatif. Dengan berkembangnya industri kreatif, peluang untuk menumbuhkan daerah kreatif dan meningkatkan kualitas sehingga memiliki daya saing juga meninggi. Untuk itu, kamu perlu mengetahui dan mengerti tentang konsep industri kreatif.

Dalam artikel ini, kamu dapat mempelajari dan juga memahami mengenai industri kreatif dimulai dari pengertiannya, konsep, jenis dan juga contohnya.

Apa Sih yang Dimaksud Industri Kreatif?

Jika di dalam sebuah industri menghasilkan atau memberdayakan karya inovatif (jasa maupun barang) yang berasal dari kreativitas, bakat juga keterampilan seseorang maupun sekelompok orang. Yang dimaksud dengan karya inovatif adalah karya yang memiliki sifat unik dan unsur kebaruan.

Konsep industri kreatif pada dasarnya adalah membuat usaha yang menghasilkan karya yang nilai ekonomi lebih tinggi dengan memanfaatkan kreativitas masyarakat sebagai Sumber Daya Manusia (SDM). Di dalam industri kreatif yang berorientasi terhadap pemikiran dan ide yang inovatif, peran masyarakat sangat besar dan penting.

Pemanfaatan SDM kemudian diharapkan akan mengurangi angka pengangguran. Hal ini yang akan berkontribusi banyak terhadap perekonomian negara, karena selain mengurangi angka pengangguran juga mengurangi angka kemiskinan.

Dengan Konsep industri kreatif ini, produk dari dalam negeri dapat memiliki daya saing terhadap kancah internasional, selain itu juga akan membuka persaingan yang inovatif. Persaingan yang dimaksud adalah sebagai motivasi pengembangan dan inovasi bagi satu sama lain.

Apa Saja yang Dikategorikan Sebagai Jenis industri Kreatif?

Di Indonesia, industri kreatif dikategorikan menjadi 14 jenis yang berasal dari gaya hidup manusia yang memunculkan kebutuhan. Adapun jenis industri kreatif beserta dengan contoh industri kreatif nya yaitu:

  • Arsitektur

Semua kegiatan yang memiliki keterkaitan dengan desain bangunan seperti perencanaan bangunan, perencanaan biaya konstruksi, perencanaan kota, pembuatan bangunan, pengawasan konstruksi, konsultasi

  • Kerajinan

Jika kamu mendengar kerajinan, pasti yang dipikirkan adalah produk yang dibuat oleh pengrajin, ‘kan? Barang yang disebut sebagai kerajinan adalah produk yang dibuat dari serat alam, serat buatan, batu alam, kaca, kain, porcelain, kapur dan logam.

  • Periklanan

Periklanan mencakup banyak kegiatan, misalnya yaitu proses kreasi dan pembuatan, riset pasar pembuatan iklan, proses produksi iklan beserta dengan distribusinya, pemasangan baik pada media cetak maupun media elektronik.

  • Pasar seni dan pasar barang antik

Barang yang memiliki nilai seni tinggi, unik, dan juga langka biasanya diperjualbelikan melalui lelang, pasar, internet. Kegiatan ini termasuk ke dalam jenis industri kreatif pada sektor pasar seni dan pasar barang antik.

  • Fashion

Yang dapat dikategorikan sebagai fashion adalah kegiatan kreasi dan pembuatan desain alas kaki, desain pakaian, desain aksesoris, proses produksi dan distribusi juga proses konsultasi produk fashion.

  • Desain

Berbeda dengan fashion, jenis atau sektor industri kreatif desain mencakup pada kegiatan kreatif yang menghasilkan desain interior, desain industri, desain grafis dan juga desain produk. Semua kegiatan mulai dari konsultasi, jasa riset, dan juga distribusinya dapat dikategorikan pada sektor ini.

  • Musik

Contoh kegiatan yang dilakukan pada sektor industri kreatif ini adalah pembuatan atau kreasi dan komposisi serta distribusi rekaman suara juga pertunjukan.

  • Seni pertunjukan

Jika pada sektor musik, kegiatan yang dimaksudkan hanya berfokus kepada rekaman dan pertunjukan yang berkaitan dengan musik. Pada sektor seni pertunjukan, jenis seni yang dimaksud lebih banyak.

Jenis seni tersebut di antaranya yaitu seni tari seperti tari tradisional, tari balet dan tari kontemporer, drama, teater, opera, tata panggung dan juga tata pencahayaan, serta proses desain dan produksi busana atau kostum yang digunakan.

  • Video, film dan fotografi

Kegiatan kreatif yang terdapat pada sektor ini di antaranya adalah pembuatan dan penulisan skrip, proses shooting film, sinetron, sinematografi, dan juga bahkan dubbing film.

  • Televisi dan radio

Semua kegiatan yang dilakukan sebagai usaha produksi dan juga pengemasan sebuah acara di dalam radio maupun televisi termasuk ke dalam sektor ini.

  • Penerbitan dan percetakan

Berbicara tentang penerbitan dan percetaka erat kaitannya dengan media cetak seperti majalah, koran, buku, tabloid dan jurnal. Namun selain media cetak tersebut, sektor ini juga mencakup penerbitan materai, uang kertas, perangko, giro, paspor, dan bahkan surat obligasi saham.

  • Permainan interaktif

Sekarang sudah banyak permainan yang mengedukasi dan digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Permainan seperti itulah yang dimaksud di dalam sektor ini.

  • Layanan computer

Sektor ini lebih difokuskan kepada software yang memiliki keterkaitan dengan pengembangan teknologi informasi.

  • Riset dan pengembangan

Dalam usaha mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya, kegiatan kreatif yang dilakukan dapat dikategorikan ke dalam sektor ini.

Setelah memahami tentang industri kreatif, semoga kamu termotivasi untuk terjun ke dalamnya, ya! Tentu saja jika kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi dan juga keinginan untuk berinovasi. Sukses selalu!