Pecinta Kopi, Ini Dia 5 Ciri Biji Kopi Enak dan Berkualitas
- Others

Pecinta Kopi, Ini Dia 5 Ciri Biji Kopi Enak dan Berkualitas

Secangkir kopi enak tersaji bukan tanpa alasan. Tentu ada banyak faktor pendukung yang membuat kopi tersebut terasa lebih lezat untuk diminum. Salah satunya adalah jenis biji kopi yang digunakan untuk membuat kopi tersebut. Tidak semua biji kopi punya kualitas dan rasa yang enak sehingga para pecinta kopi wajib memperhatikannya.

Biji Kopi Berkualitas

Penting sekali untuk mengenali biji kopi seperti apa yang berkualitas demi mendapat kopi yang lezat. Berikut adalah 5 ciri biji kopi berkualitas baik.

1.     Aroma Manis

Mengenali kualitas kopi dari bijinya memang tidak mudah. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menghirup aroma dari biji kopi tersebut. Biji kopi yang punya kualitas bagus akan mengeluarkan aroma manis. Aroma ini mirip seperti gula dan bisa Anda rasakan langsung begitu menghirup biji kopi sebelum diolah alias biji kopi yang masih mentah.

2.     Warna yang Sama

Selain melihat kualitas kopi dari biji yang masih mentah, Anda juga bisa mengamati kondisi biji setelah diolah atau melalui proses roasting. Biasanya, biji kopi berkualitas akan memiliki warna yang seragam setelah melalui proses pengolahan. Sebaliknya, biji kopi yang kualitasnya rendah akan memiliki warna yang tidak sama seperti ada yang lebih coklat atau ada yang lebih muda.

3.     Bentuk Fisik Sempurna

Tidak hanya punya warna yang seragam, biji kopi yang berkualitas juga punya bentuk fisik yang sempurna. Jika sebelumnya Anda tidak pernah melihat biji kopi maka bisa cari terlebih dahulu di internet seperti apa bentuk biji kopi yang bagus. Biji kopi yang sempurna tanpa cela dan tidak ada ciri-ciri busuk akan menghasilkan kopi enak yang tentunya berkualitas.

4.     Disimpan dengan Cara Benar

Anda bisa mendapatkan secangkir kopi dengan rasa terbaik apabila biji kopi disimpan secara tepat. Biji kopi yang berkualitas tentu akan tetap bertahan bagus dan menghasilkan rasa enak jika disimpan dengan benar. Prosedurnya adalah dengan tidak menyimpan biji kopi di kulkas. Suhu penyimpanan yang disarankan adalah suhu ruang dan tidak boleh lembab maupun terpapar sinar matahari.

5.     Waktu Sangrai

Salah satu cara mengenali kualitas kopi dan mengetahui apakah kopi itu akan enak atau tidak adalah dengan melihat waktu sangrai. Jika kopi tersebut baru saja diolah atau disangrai, maka kualitasnya jelas ada di posisi terbaik. Anda bisa mendapatkan kopi paling enak karena biji kopi tersebut masih segar dan baru saja diolah. Aroma dan rasa yang dihasilkan pasti memiliki kualitas terbaik untuk dinikmati.

Itulah 5 ciri biji kopi enak dan berkualitas. Jika Anda ingin menikmati kopi yang lezat setiap hari maka perhatikan hal-hal tersebut. Pastikan Anda juga menyeduh kopi dengan cara yang benar agar tersaji rasa kopi terbaik dan bisa memberi energi bagi Anda setiap hari.