Pengobatan dan Pencegahan Kanker Lidah
- Kesehatan

Pengobatan dan Pencegahan Kanker Lidah

Pembedahan adalah perawatan paling dasar untuk kanker lidah, terutama pada tahap awal dengan reseksi bedah tumor, pemotongan nodal parsial, atau hemisfer nodal. di bawah + pengikisan + pembentukan nodular. Pada tahap awal, operasi radikal dapat dilakukan pada tahap selanjutnya.Kombinasi bedah, radioterapi dan kemoterapi harus dikombinasikan untuk meningkatkan kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Dalam beberapa kasus pendarahan tahap akhir lebih mungkin pada pasien yang menjalani angioplasty eksternal untuk menghentikan perdarahan.

Radioterapi: Terapi radiasi saja dapat digunakan pada kasus tumor ganas stadium akhir yang tidak lagi diindikasikan untuk pembedahan atau radioterapi radikal pada tahap awal. Radioterapi juga dapat digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Selain itu, radioterapi lokal (radioterapi) dapat dilakukan dengan menggunakan sumber radioaktif yang ditempatkan atau dimasukkan ke dalam lesi pada lidah untuk menghancurkan lesi. Dalam beberapa kasus stadium lanjut, metastasis tulang; Terapi radiasi di daerah metastasis tulang membantu menghilangkan rasa sakit. Dengan lesi metastasis otak, adalah mungkin untuk memiliki radiasi otak penuh atau radioterapi dengan pisau putar untuk meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup.

Tiga jenis lesi tahap awal yang dapat disembuhkan dengan pembedahan atau radioterapi:

  • Pseudomonas: membentuk lesi penis, bercak merah muda, lembut dan tidak menular. membentuk inti kecil yang keras, berbaring lengket di bawah mukosa, mukosa sedikit terangkat, kadang kehilangan bola atau pecah
  • Ulseratif: adalah lesi ulkus yang sangat dangkal, tidak jelas, dikelilingi oleh area yang memerah, lesi ini biasanya tidak nyeri dan infiltratif.
  • Reagen: mungkin menggunakan seluruh tubuh atau jalur arteri, mungkin kombinasi kimia atau multi-kimia tunggal. Bahan kimia dapat digunakan sebelum, setelah operasi-radiasi atau perawatan kimia gejala. Kemoterapi pra-bedah atau terapi radiasi untuk mengurangi volume tumor, pencegahan pertumbuhan tumor, lokalisasi lesi untuk operasi dan radioterapi. Kemoterapi stadium akhir meningkatkan kelangsungan hidup, meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mencegah kanker lidah selain kebersihan mulut yang baik, perlu menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, mengunyah sirih.

Jika Anda memiliki gejala abnormal di lidah Anda, Anda harus pergi ke klinik spesialis untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Cara Pencegahan kanker lidah

  • Perawatan gigi yang teratur dan teratur.
  • Gunakan obat kumur khusus atau garam untuk membilas mulut Anda untuk mencegah kerusakan gigi dan infeksi gusi.
  • Batasi alkohol, alkohol, dan rokok.
  • Terakhir, jika ulkus tidak hilang, dan khususnya adanya kelenjar getah bening abnormal di leher, segera kunjungi dokter.