Ponpes Nurul Firdaus Solusi Rehabilitasi Bagi Pecandu Game Online
- Lifestyle

Ponpes Nurul Firdaus Solusi Rehabilitasi Bagi Pecandu Game Online

Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Solusi Rehabilitasibagi berbagai permasalahan kecanduan yang banyak terjadi bagi penerus bangsa Indonesia saat ini. Jika dahulu penyebab kecanduan adalah NAPZA dan alkohol maka saat ini terdapat penyebab candu lainnya yaitu game terlebih game online. Karena orang yang terkena masalah ini akan menyebabkan mudah emosi dan memiliki gejala anti sosial.

Beberapa Penanganan di Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Solusi Rehabilitasi

Ponpes Nurul Firdaus sudah cukup berpengalaman dalam merehabilitasi orang yang kecanduan, bahkan saat ini telah dibuka pusat rehabilitasi bagi anak yang kecanduan akan game online. Orang yang direhabilitasi di ponpes ini ternyata tidak hanya berasal dari dalam negeri bahkan dari luar negeri, sehingga ponpes Nurul Firdaus merupakan tempat rehabilitasi kecanduan game online serta hal lainnya yang sangat tepat.

Hal ini dikarenakan banyak pasien yang kecanduan berhasil direhabilitasi sehingga kecanduannya berkurang drastis dan dapat berinteraksi serta beraktifitas dengan normal. Ponpes Nurul Firdaus menggunakan beberapa metode selama proses rehabilitasi kepada pasien yang kecanduan, yaitu:

  1. Motivational Interview

Metode penanganan berikut ini berupa kata-kata motivasi yang diberikan kepada pasien yang masih berusia remaja ataupun dewasa. Metode ini dilakukan secara intensif agar pasien dapat tergerak untuk melakukan berbagai hal positif dan meninggalkan hal yang membuat kecanduan secara berangsur-angsur.

Cara ini sebenarnya cukup efektif, namun dibutuhkan kemauan yang besar dari pasien itu sendiri agar dapat berhasil. Karena pemakaian metode ini sangat bergantung pada keputusan pasien tersebut.

  1. Cognitive Behaviour Therapy

Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Solusi Rehabilitasi juga memakai metode CBT yang digunakan untuk mengubah pola berpikir orang kecanduan dimana biasanya pikirannya akan fokus pada satu hal untuk waktu yang lama. Metode ini bisa digunakan melalui kata-kata, ajakan ataupun melakukan kegiatan ringan secara rutin sehingga pola pikir pasien perlahan-lahan akan berubah.

Setelah itu pola pemikiran yang hanya fokus pada satu hal akan di modifikasi dan diganti. Jadi pasien akan mulai memikirkan hal lain yang memiliki dampak positif pada hidup dan masa depannya nanti.

  1. Sholat

Salah satu metode yang baik untuk menghilangkan kecanduan adalah dengan melakukan ibadah. Tentu untuk sholat diwajibkan untuk bersih-bersih dan wudhu terlebih dahulu. Setelah melakukan ibadah sholat, kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani berupa kajian ilmu agama yang disusun dengan baik dan rapi agar pasien kecanduan tersebut dapat segera pulih.

Selain itu, pada ponpes ini juga melakukan pengobatan kecanduan melalui ruqyah. Karena bisa saja penyebab kecanduan tersebut merupakan jin jahat, sihir ataupun sumber lainnya. Pengertian ruqyah ini merupakan perlindungan dari berbagai penyakit sehingga beberapa pasien kecanduan bisa disembuhkan melalui pengobatan ini.

  1. Metode Mandi

Ketika seseorang kecanduan maka sebenarnya ia sedang mengalami kesadaran yang melemah. Untuk menangani hal tersebut bisa dilakukan dengan mandi ataupun berwudhu. Hal ini berlaku karena seseorang yang tidak dapat memenuhi kecanduannya akan mudah marah sehingga perlu di tenangkan dengan melakukan kedua hal tersebut.

Selain itu, umumnya orang akan cepat sadar ketika terkena air dingin sehingga otak dapat berproses dengan lebih baik. Namun, jika dilihat dari sisi lain, wudhu serta mandi merupakan salah satu kegiatan menyucikan jasmani dan rohani yang penting dilakukan selama rehabilitasi.

  1. Spiritual-Hypnotivation Therapy

Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Solusi Rehabilitasi memiliki metode yang dikembangkan sendiri. Metode ini dikenal dengan Spiritual-Hypnotivation Therapi (SHOT). Metode ini memiliki tujuan agar seseorang yang kecanduan memiliki pemikiran yang jauh ke depan untuk meraih kesuksesan baik di dunia dan akhirat.

Selain itu terdapat bentuk motivasi yang mendorong pecandu untuk melakukan berbagai hal positif secara rutin. Metode ini juga memungkinkan untuk meningkatkan semangat hidup karena bertujuan untuk menemukan jati diri yang sebenarnya.

  1. Terapi Perilaku

Metode ini sebenarnya bisa dilakukan terlebih dahulu di rumah masing-masing melalui pengawasan orang tua. Metode dilakukan dengan membuat batasan ataupun aturan kapan harus menggunakan gadget atau internet bagi para pecandu game online. Namun, jika penanganan dirumah gagal maka disarankan untuk segera membawanya ke ponpes Nurul Firdaus.

Itulah beberapa metode yang digunakan Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Solusi Rehabilitasi bagi pengidap berbagai jenis kecanduan. Setelah melakukan rangkaian rehabilitasi selama beberapa waktu dan pasien tersebut dinyatakan sembuh. Maka pasien itu akan dikembalikan kepada keluarga masing-masing namun masih terdapat pengawasan untuk mencegah kecanduan tersebut kambuh kembali.