Sebelum Menikah, Bahas Hal Ini Dengan Pasanganmu
- Lifestyle

Sebelum Menikah, Bahas Hal Ini Dengan Pasanganmu

Menikah adalah momen sekali seumur hidup. Makanya tidak jarang banyak orang yang mempersiapkannya dengan matang. Berbagai konsep resepsi pun mulai dirancang, rencana budget pengeluaran pun mulai dibuat. Semuanya dibuat dengan perencanaan yang hati-hati agar berjalan sempurna pada hari H.

Dalam mempersiapkan resepsi pernikahan, kedua calon mempelai pasti disibukkan dengan banyak hal. Mulai dari memilih model gaun pengantin, catering saat resepsi, hingga daftar tamu yang akan diundang. Namun, selain itu semua, kamu juga harus menyiapkan mental untuk membangun rumah tangga bersama pasangan. Terlebih lagi jika kamu belum sepenuhnya mengenal satu sama lain. Sejatinya, menikah adalah perihal mengenal satu sama lain. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menikah ada baiknya kamu membahas beberapa hal ini dengan pasanganmu

Tujuan Pernikahan

Sama seperti bepergian, menikah pun perlu tujuan. Terlebih lagi menika adalah momen sekali seumur hidup yang tidak dapat diulang. Tujuan pernikahan ibarat pondasi dalam hubungan berumah tangga, untuk itu sangat penting bagi kamu dan pasangan membahasnya baik-baik.

Pernikahan yang berjalan tanpa tujuan yang pasti ibarat bangunan yang tidak memiliki pondasi yang kuat. Ketika dihadapkan pada masa-masa sulit, tujuan pernikahan bisa jadi adalah ‘pegangan’ yang dibangun bersama untuk bertahan. Bicarakan secara jelas dan detil perihal tujuan dan komitmen menikah dengan pasangan. Agar mendapatkan persepsi yang sama ketika berumah tangga nantinya.

Prioritas Pribadi

Meskipun sudah menikah, bukan berarti kita tidak memiliki atau tidak berhak atas prioritas pribadi. Karena setiap orang pasti memiliki kehidupan pribadi masing-masing termasuk prioritas di dalamnya meskipun memutuskan untuk menikah. Untuk itu, hal ini penting dibahas bersama pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. De menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan setelahnya, seperti cemburu atau pun kecurigaan yang tidak beralasan.

Cara Berkomunikasi

Komunikasi yang baik adalah kunci lancarnya sebuah hubungan, tidak terkecuali hubungan pernikahan. Tidak jarang, banyak pernikahan yang harus kandas disebabkan oleh komunikasi yang tidak berjalan baik antar kedua belah pihak. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu dan pasangan memahami pola komunikasi masing-masing.

Tidak perlu ragu untuk membahas hal ini dengan serius bersama pasangan. Karena pada kenyataannya, komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan. Komunikasi bisa jadi perekat sebuah hubungan, namun juga sebaliknya. Dengan memahami pola berkomunikasi dengan pasangan, beberapa hal buruk dalam berkomunikasi mungkin bisa diredam atau malah dihilangkan.

Kondisi dan Pengaturan Keuangan

Selain komunikasi, hal ini juga jadi poin penting untuk dibahas bersama pasangan. Terlebih lagi, rencana pernikahan pastinya akan membutuhkan budget yang cukup besar. Keterbukaan tentang kondisi keuangan akan memudahkan kamu untuk mengatur budget yang akan dikeluarkan untuk resepsi nanti.

Selain itu, kamu dan pasangan juga wajib membahas pengelolaan keuangan rumah tangga bulanan setelah resmi menikah. Karena hal ini adalah salah satu yang krusial dalam berumah tangga. Jangan sampai hal ini terlewat dibahas karena terlalu sibuk membahas budget resepsi. Jika tidak dibicarakan secara matang, kamu sama saja tidak memiliki tujuan pernikahan.

Target Keuangan Setelah Menikah

Beberapa orang menganggap membahas hal ini sebelum menikah adalah tindakan yang terlalu cepat. Padahal dibahas sebelum menikah justru memudahkan kita untuk menentukan tujuan keuangan ketika sudah berkeluarga nantinya.

Tidak perlu membuat target yang terlalu jauh. Setidaknya kamu sudah memuat target keuangan setelah 5 tahun menikah. Dari sini, kamu bisa menentukan langkah apa saja yang akan kamu pilih untuk mencapainya Jika salah satu target keuanganmu setelah menikah adalah memiliki asuransi, baik jiwa, kesehatan atau pun persiapan pendidikan, kamu bisa menyiapkannya dari sekarang. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan asuransi adalah BCA Life.

Memiliki beragam produk dan benefit yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan tujuan dan budget kamu. Cek juga perbandingan asuransi lainnya di situs marketplace asuransi seperti Lifepal.

Pembagian Tugas Rumah Tangga

Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah hal sepele, tapi tanpa kita sadari tugas rumah tangga seringkali menjadi pemicu pertengkaran kecil rumah tangga. Ingat, sesungguhnya tugas rumah tangga bukanlah sepenuhnya tugas istri. Tapi tugas berdua yang harus dikerjakan bersama. Apalagi jika setelah menikah kamu dan pasangan akan tinggal di rumah sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga. Menikah adalah pekerjaan bersama, sama halnya dengan pekerjaan rumah tangga.

Mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan berumah tangga memang tidak mudah. Seringnya yang terjadi justru di luar yang sudah direncanakan. Tapi, dengan membahasnya sebelum menikah kita dapat mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Sehingga kita siap menghadapinya dan tidak mudah untuk mengucap kata berpisah.