Penyebab Kanker Lidah
- Kesehatan

Sepele, Namun 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Kanker Lidah

Kanker pada dasarnya adalah jaringan tidak normal yang tumbuh di dalam tubuh manusia, ia dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, seperti diantaranya adalah payudara, kemudian juga ovarium sampai dengan lidah. Penyakit kanker lidah pastinya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan. Mengingat kasus yang satu ini sering kali terjadi. Penyebab kanker lidah ini sendiri juga sangatlah beragam, ia bahkan bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Kanker lidah ini berkembang di jaringan lidah karena memang terdapat kelainan, beberapa orang pada awalnya mungkin menganggap ini hanyalah sariawan biasa, namun lama kelamaan akan bertambah parah, bahkan menyulitkan dalam mengunyah dan juga menelan makanan. Umumnya ada beberapa gejala awal dari penyakit kanker lidah ini yang patut untuk diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Sakit tenggorokan, awalnya penderita akan merasakan sakit tenggorokan biasa, rasa nyeri ketika digunakan untuk menelan, namun hal ini berlangsung secara terus-menerus atau dalam jangka waktu lama, tidak hilang meskipun sudah melakukan pengobatan.
  2. Muncul benjolan pada area mulut dan juga leher. Hal ini terjadi karena kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.
  3. Mulut menjadi kebas, bahkan rasa kebas tersebut juga tak kunjung hilang.
  4. Terjadi pendarahan pada lidah tanpa adanya sebab yang jelas, sehingga patut untuk diwaspadai.
  5. Penderitanya akan mengalami penurunan berat badan secara drastis, karena sulit untuk makan bahkan nafsu makan sendiri juga akan turun dratis.
  6. Terjadi perubahan pada suara ketika sedang berbicara.

Jika sudah mulai dirasakan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera melakukan pengobatan, jangan sampai terlambat karena memang resikonya begitu tinggi. Bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat. Akan jauh lebih baik juga jika seandainya mencegah dibandingkan dengan mengobati penyakit berbahaya tersebut. Berikut ini diantaranya faktor resiko yang bisa memicu penyakit kanker lidah tersebut, diantaranya adalah:

  1. Merokok, bukan rahasia lagi jika seandainya perokok memang rentan terkena beragam jenis penyakit berbahaya, termasuk diantaranya adalah kanker lidah. Karena memang setiap hari mulut terpapar oleh zat kimia berbahaya yang sifatnya adalah karsinogenik dari tembakau yang dihisap tersebut.
  2. Mengonsumsi alkohol atau minuman keras, tak jauh berbeda dengan rokok, nyatanya alkohol ini sendiri juga menyebabkan efek yang kurang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah bisa merusak jaringan yang ada pada lidah, termasuk memunculkan jaringan abnormal atau kanker tersebut. Jadi tidak heran mereka yang memiliki kebiasaan minum alkohol juga mudah terkena penyakit ini.
  3. Terinfeksi oleh virus HPV, virus HPV ini sangat mungkin masuk kedalam mulut jika seandainya Anda sering kali melakukan hubungan seks secara oral, perkembangannya yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker lidah ini.
  4. Kurang menjaga kesehatan rongga mulut dan juga gigi, misalnya adalah pemakaian behel yang abal-abal, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai dan juga bentuk gigi yang tidak rata atau kasar, sangat mungkin bisa memicu penyakit berbahaya tersebut.
  5. Pola makan yang tidak sehat, mereka yang tidak menjaga pola makannya juga akan mudah sekali terkena beragam jenis penyakit, termasuk kanker ini. Kurangnya konsumsi buah dan sayuran hingga terlalu sering mengonsumsi junk food bisa menjadi pemicunya.

Jadi mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat dan hindari beberapa faktor penyebab kanker lidah di atas.