Simak Perkembangan Otak Janin di Tiap Trimester Berikut ini
- Parenting

Simak Perkembangan Otak Janin di Tiap Trimester Berikut ini

Kehadiran buah hati merupakan saat yang paling dinanti-nanti bagi Anda dan juga pasangan. Mengetahui setiap perkembangan janin dari minggu ke minggu membuat Anda merasa bahagia, mulai dari perkembangan fisik hingga perkembangan otak janin yang Anda kandung.

Pertumbuhan otak janin telah dimulai sejak minggu awal masa kehamilan hingga nanti ketika si Kecil lahir ke dunia. Lantas bagaimana tahapan perkembangan otak bayi di tiap trimester?

Trimester Pertama

Kurang lebih 16 hari setelah pembuahan terjadi, neural plate atau dasar pembentukan sumsum tulang belakang serta otak sudah mulai terbentuk. Neural plate ini akan terus bertumbuh hingga nanti berubah menjadi neural tube atau tabung saraf.

Setelah itu neural tube akan menutup di usia kehamilan kurang lebih 5 hingga 8 minggu, dan akan terbagi menjadi 3 bagian yaitu otak depan, otak tengah dan otak belakang.

Sel-sel bayi akan bertambah dan membentuk fungsi baru pada usia kehamilan kurang lebih 5 minggu. Pada usia kehamilan 6 hingga 7 minggu, otak janin terus berkembang hingga membentuk cerebrum (otak besar), cerebellum (otak kecil), kelenjar hipofisis, hipotalamus serta batang otak. Pada usia 10 minggu kehamilan, otak janin sudah dapat berfungsi.

Trimester Kedua

Perkembangan otak janin di trimester kedua akan terlihat ketika usia kehamilan Anda menginjak 18 minggu. Saraf bayi akan dilindungi oleh myelin yang bertujuan sinkronisasi antar sel saraf. Lalu untuk myelin sendiri akan terus berlanjut hingga nanti bayi tersebut lahir dan mencapai usia 1 tahun.

Di akhir trimester kedua, batang otak janin yang berfungsi sebagai dasar kehidupan seperti tekanan darah, denyut jantung serta pernapasan akan semakin menunjukan perkembangan hingga hampir matang.

Trimester Ketiga

Ketika usia kehamilan Anda mencapai trimester ketiga, otak bayi akan berada di tahap perkembangan yang paling pesat terlebih pada perkembangan neuron. Bentuk otak bayi yang sebelumnya memiliki permukaan halus, kini membentuk lekukan layaknya otak orang dewasa.

Ukuran otak bayi juga akan membesar pada fase ini, sehingga memiliki berat 3 kali lipat selama 13 minggu terakhir usia kehamilan. Pada akhir trimester kedua berat otak menjadi 300 gram.

Pada minggu ke 27 hingga 30 usia kehamilan, sistem saraf bayi sudah berkembang dengan cukup baik. Di trimester ketiga ini otak kecil bayi akan berkembang dengan lebih pesat. Korteks otak besar yang berfungsi untuk mengingat, merasakan dan berpikir juga mulai mengalami banyak perkembangan.

Bagaimana Perkembangan Otak Bayi Setelah Kelahiran?

Otak bayi akan terus berkembang dalam beberapa tahun kehidupannya setelah ia lahir, dan pada dasarnya benar-benar akan berfungsi ketika bayi telah lahir ke dunia. Anda dapat memberikan nutrisi penting bagi perkembangan otak bayi seperti DHA dan asam folat.

Demikianlah perkembangan otak janin di tiap semester yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat.