Chainblock
- Others

Tentang Chainblock : Pengertian dan Fungsi

Alat paling umum yang digunakan di industri ini adalah chain block. Chain block berfungsi sebagai alat bantu untuk memperlancar pekerjaan yang berhubungan dengan mengangkat dan memindahkan benda berat. Peran penting alat ini menjadikannya salah satu alat yang diperlukan untuk setiap industri.

Definisi Chain Block

Chain block atau yang juga sering disebut hand chain hoist, chain hoist manual, katrol, dan takel digunakan untuk mengangkat dan menurunkan benda berat sebagai sebuah bentuk mekanisme alat tersebut. Fungsi utama dari chain block adalah dengan mudah mengangkat beban dari satu posisi ke posisi lain.

Komponen chain block seperti chain block antara lain roll (pulley), chain (rantai), gear (roda gigi), dan hook block (pengait). Prinsip kerja Chain Block sebenarnya sangat sederhana. Ikat barang yang akan diangkat ke pengait, lalu gunakan tenaga manusia atau mesin untuk menarik rantai.

Saat ditarik, rantai akan mengencangkan ikatannya dengan roda sehingga menimbulkan tekanan dan sehingga beban bisa lepas dari tanah. Melalui prinsip kerja sederhana ini, fungsi chain block telah terwujud.

Alat chain block berukuran kecil tetapi berkekuatan tinggi. Kisaran beban yang dapat diangkat oleh takel berkisar dari 250 kg hingga puluhan ton. Semakin berat beban yang akan diangkat maka semakin besar ukuran katrol yang digunakan. Melihat fungsi dari chain block ini, maka tidak heran berbagai industri di seluruh dunia membutuhkannya.

Fungsi Chain Block

Perkakas seperti chain block telah digunakan di berbagai industri dunia, seperti:

  1. Bengkel mobil

Fungsi chain block yang dapat dengan mudah mengangkat benda berat, membuat banyak digunakan di bengkel industri dan otomotif sehingga pekerja dapat dengan mudah memindahkan mesin. Fungsi chain block ini menjadikan pekerjaan lebih cepat dan efisien karena dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa membutuhkan banyak orang.

  1. Industri konstruksi

Industri konstruksi sangat erat kaitannya dengan proyek konstruksi besar dan berat (seperti rangka besi, beton, baja, dll). Tentunya barang-barang tersebut tidak bisa dipindahkan dengan tangan kosong, disinilah peran dan fungsi dari chain block menjadi sangat penting. Fungsi dari chain block adalah untuk mengangkat barang konstruksi yang dibutuhkan dari tanah ke tingkat konstruksi yang lebih tinggi.

  1. Industri minyak bumi dan gas

Dalam industri ini, chain block berfungsi untuk mengangkat jaringan pipa yang digunakan dalam pengeboran minyak di darat dan laut.

  1. Pabrik

Pabrik, terutama pabrik besar membutuhkan fungsi chain block untuk mengangkat mesin produksi, bahan mentah, peralatan, dan produk hasil produksi. Dalam proses produksi, chain block digunakan untuk mengangkat barang ke atau dari jalur produksi.

  1. Industri transportasi dan distribusi

Kedua industri ini sangat erat kaitannya dengan pemindahan barang. Jenis barang yang diangkut sangat bervariasi dalam jenis, massa dan juga volume barang. Fungsi chain block adalah untuk mengangkut barang dalam massa dan volume yang banyak. Selain industri tersebut, masih banyak jenis industri lain yang membutuhkan peranan chain block dalam pekerjaannya sehari-hari.

  1. Ragam Ukuran Chain Block

Ukuran opsi chain block berkisar antara 0,5 ton, 1 ton, 1,5 ton, 2 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 15 ton, 20 ton, 30 ton, dan 50 ton. Daya dan kapasitas takel yang berbeda digunakan untuk tugas yang berbeda. Misalnya chain block 10 ton biasanya digunakan untuk mengangkat platform, batang besi dan material berat lainnya.

Jual chain block tersedia oleh Megajaya tersedia dalam berbagai macam kapasitas, seri, manual dan elektrik, serta berbagai produk penunjang lainnya untuk memenuhi kebutuhan semua industri di Indonesia.