Tips Mempersiapkan Menu Bekal Anak Dengan Mudah
- Parenting

Tips Mempersiapkan Menu Bekal Anak Dengan Mudah

Masih ingatkah anda jika sekolah dahulu suka membawa bekal? Ya, bekal menjadi menu pilihan bagi anak untuk menu makan siang mereka. Bekal menjadi menu yang disarankan untuk dibeli dan dikonsumsi anak ketika jam istirahat tiba. Ada berbagai macam menu makanan yang dibawa anak saat membawa bekal. Mulai dari menu yang mudah diolah hingga menu yang cukup rumit diolah. Hampir semua bekal anak sekolah yang dibawa berbeda antara satu dan lainnya.

Bekal anak sekolah yang biasa dibawa dan dikonsumsi merupakan bekal dengan menu nasi, sayur dan lauk pauk. Ketiga jenis makanan itu menjadi menu utama bekal anak. Memang kebutuhan nutrisi untuk anak tumbuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan mineral. Dimana semua kebutuhan nutrisi mereka tertuang dalam menu makanan sayur, nasi dan lauk. Namun, perlu anda perhatikan ketika memberi bekal anak sekolah pastikan makanan yang dikonsumsi tidak mengandung pemanis dan garam berlebih serta bumbu penyedap.

Konsumsi ketiga jenis bahan pembentuk makanan tersebut akan mengakibatkan penurunan kesehatan pada anak dan menurunkan fungsi otak anak. Sebab itu, penggunaan pemanis, garam dan penyedap pada bahan pangan dibatasi. Untuk memberikan bekal anak sekolah yang berkualitas maka anda dapat memberikan makanan sehat sebagai opsi. Dimana makanan sehat merupakan makanan yang memperhatikan nilai gizi dan aman dikonsumsi harian.

Menu bekal anak sekolah yang sehat adalah menu yang tidak mengandung banyak lemak jahat, pemanis, garam hingga bumbu penyedap. Proses pengolahan bahan makanan juga tidak terlalu banyak sehingga tidak mengurangi nutrisi makanan yang dikonsumsi anak melalui bekal mereka. Berikut ini merupakan tips membuat menu bekal anak sekolah mudah yang sehat untuk anda :

  • Mempersiapkan bahan makanan sehari sebelum
  • Gunakan bahan makanan yang terjamin mutunya
  • Gunakan menu simpel namun padat nutrisi seperti sandwich ikan tuna ataupun sushi
  • Menyiapkan makanan dengan metode pembuatan direbus atau kukus
  • Mengkombinasikan makanan dengan menu pendukung makanan lainnya seperti susu ataupun buah

Tips yang digunakan diatas akan menunjang kesehatan bekal anak sekolah yang diberikan. Selain itu, menu bekal anak sekolah yang diberikan terjamin kebersihannya dan juga kesehatannya sehingga akan mengenyangkan dan mendukung konsumsi nutrisi anak. Dengan memberikan menu bekal anak sekolah kepada anak maka kebutuhan nutrisi pada anak akan terjamin sehingga anak akan siap menghadapi hari mereka.

Membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan bersih dan sehat untuk menu makanan mereka akan menjadi pola konsumsi yang berkelanjutan. Sehingga penting untuk mendukung konsumsi harian anak dengan memberikan menu bekal anak sekolah yang mendukung tumbuh kembang mereka. Ada baiknya menu makanan yang dibawa berubah – ubah untuk menunjang kebutuhan nutrisi.